androidvodic.com

Bursa Kripto FTX Pulihkan Aset Likuid Sebesar 5 Miliar Dolar AS - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, NEW YORK - Pengacara bursa kripto FTX Andy Dietderich mengungkapkan FTX telah memulihkan aset likuid sebesar 5 miliar dolar AS.

Meski FTX telah memulihkan aset likuid tersebut, namun sejauh mana kerugian yang dialami pengguna FTX dalam kebangkrutan bursa kripto yang didirikan Sam Bankman-Fried itu belum diketahui.

Dietderich mengatakan hal tersebut pada Rabu (11/1/2023) kepada pengadilan kebangkrutan Amerika Serikat.

FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan pada November tahun lalu dan jaksa penuntut AS menuduh Bankman-Fried mendalangi penipuan "epik" yang mungkin merugikan investor, pelanggan, dan pemberi pinjaman miliaran dolar AS.

Baca juga: Dinyatakan Bangkrut, FTX Minta Mitra Kembalikan Suntikan Dana yang Pernah Mereka Terima

"Kami telah menemukan lebih dari 5 miliar dolar AS uang tunai, cryptocurrency likuid, dan sekuritas investasi likuid," kata Dietderich, kepada Hakim Kebangkrutan AS John Dorsey di Delaware pada awal sidang hari Rabu, yang dikutip dari Reuters.

Dietderich juga mengatakan FTX berencana untuk menjual investasi non strategis yang memiliki nilai 4,6 miliar dolar AS.

Namun, Dietderich mengatakan tim hukum FTX masih berupaya "membuat catatan internal yang akurat" dan kerugian pelanggan yang sebenarnya masih belum diketahui. Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS memperkirakan dana pelanggan yang hilang lebih dari 8 miliar dolar AS.

Dietderich menambahkan, 5 miliar dolar AS yang dipulihkan tidak termasuk aset yang disita oleh Komisi Sekuritas Bahama, tempat FTX berkantor pusat dan Bankman-Fried tinggal.

Pengacara FTX memperkirakan aset yang disita bernilai 170 juta dolar AS, sementara pihak berwenang Bahama menetapkan aset yang disita memiliki nilai 3,5 miliar dolar AS. Aset yang disita sebagian besar terdiri dari token FTT milik FTX dan tidak likuid, yang harganya sangat fluktuatif, kata Dietderich.

FTX dapat mengumpulkan dana tambahan dalam beberapa bulan mendatang untuk kepentingan pelanggan, setelah Dorsey menyetujui permintaan FTX untuk prosedur mengeksplorasi penjualan afiliasi pada sidang hari Rabu.

Afiliasi, yang terdiri dari LedgerX, Embed, FTX Jepang dan FTX Eropa, relatif independen dari FTX Group yang lebih luas, dan masing-masing memiliki akun pelanggan terpisah dan tim manajemen terpisah, menurut pengajuan pengadilan FTX.

Pertukaran kripto itu mengatakan tidak berkomitmen untuk menjual salah satu perusahaan, tetapi menerima lusinan penawaran yang tidak diminta dan berencana untuk mengadakan lelang mulai bulan depan.

Wali Amanat AS, pengawas kebangkrutan pemerintah, menentang penjualan afiliasi sebelum dugaan penipuan FTX diselidiki sepenuhnya.

Untuk menjaga nilai bisnisnya, FTX juga meminta persetujuan Dorsey untuk merahasiakan 9 juta nama pelanggan FTX. Perusahaan telah mengatakan bahwa privasi diperlukan untuk mencegah bursa kripto saingannya menargetkan pengguna serta untuk mencegah pencurian identitas dan untuk mematuhi undang-undang privasi.

Baca juga: DOJ Sita 465 Juta Dolar AS Saham Robinhood yang Terkait dengan Pendiri FTX

Dorsey akhirnya mengizinkan nama-nama itu dirahasiakan hanya selama tiga bulan, bukan enam bulan seperti yang diinginkan FTX.

"Kesulitannya di sini adalah saya tidak tahu siapa pelanggan dan siapa yang bukan," kata Dorsey.

Dia mengadakan sidang pada 20 Januari untuk membahas bagaimana FTX akan membedakan antara pelanggan, dan mengatakan dia ingin FTX kembali dalam tiga bulan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang risiko pencurian identitas jika nama pelanggan dipublikasikan.

Perusahaan media dan Wali Amanat AS berpendapat bahwa undang-undang kebangkrutan AS mensyaratkan pengungkapan rincian kreditur untuk memastikan transparansi dan keadilan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat