androidvodic.com

Spotify Jajaki Industri Web3, Pengguna Bisa Nikmati Musik Eksklusif Lewat Tautan NFT - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, CALIFORNIA – Aplikasi streaming musik Spotify mencoba peruntungan baru di industri Web3 dengan merilis layanan baru token-gated playlist, yang disinyalir sebagai kartu akses untuk membuka playlist musik eksklusif.

Pengumuman ini pertama kali dirilis oleh salah satu mitra Spotify yang bergerak dalam ekosistem game dan hiburan berbasis Web3 yakni Overlord.

Lewat akun Twitternya Overlord menjelaskan token NFT Creepz besutannya kini sudah bisa disambungkan ke dalam wallet Crypto milik Spotify. Dengan tautan tersebut pengguna dapat menikmati playlist eksklusif yang telah di kurasi Overlord. Termasuk lagu “Vitamin C” ciptaan CAN, “Shimmy Shimmy Ya” oleh Ol’ Dirty Bastard, “Rocket Man” oleh Elton John, dan lebih dari 100 lagu lainnya.

Baca juga: Rumor Spotify Akan Umumkan PHK Massal Karyawan Pekan Ini

“Kami telah terpilih sebagai salah satu mitra Spotify dalam uji coba baru. Aktifkan token dan hubungkan ke dompet Web3 Anda di Spotify. Dengan begitu Anda dapat mengakses daftar putar kami.” jelas cuitan Overlord pada Kamis (23/3/2023).

Selain berkolaborasi dengan Overload, dalam inovasinya kali ini Spotify mengungkap turut menggandeng sejumlah perusahaan game Web3 seperti Fluf, Moonbirds, dan Kingship.

“Kingship telah merilis daftar putar khusus yang hanya dapat diakses oleh pemegang NFT kartu kunci Kingship seperti Metamask, Trust Wallet, Rainbow, Ledger Live, atau Zerion” ujar juru bicara Kingship saat dikonfirmasi kemitraannya dengan Spotify.

Spotify merupakan salah satu perusahaan kerap berkecimpung dengan token digital. Keseriusannya dalam menggarap dunia Web3 terlihat sejak musim semi lalu. Dimana saat itu Spotify melakukan rekrutmen khusus untuk mempekerjakan orang dengan berpengalaman di bidang blockchain dan Web3.

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah pengujian sebagai upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa di antaranya akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting, ”kata juru bicara Spotify.

Baca juga: Rumor Spotify Akan Umumkan PHK Massal Karyawan Pekan Ini

Melalui perilisan token-gated playlist, kini Spotify dapat membentuk kemitraan terkait NFT berbasis musik. Sayangnya layanan ini tak dapat dinikmati oleh semua pelanggan. Melansir dari Techcrunch fitur anyar Spotify hanya dapat dinikmati pengguna Android dengan domisili di AS, Inggris, Jerman, Australia, dan Selandia Baru.

Cara Menautkan Spotify dengan Dompet Kripto NFT

Pendiri Overlord, Joe Carnell membagikan cara untuk menautkan akun Spotify pada dompet kripto NFT. Pengguna hanya cukup mengklik daftar putar. Setelah itu mereka akan langsung dibawa ke dompet pilihan mereka, seperti MetaMask atau Ledger.

Selanjutnya pengguna akan diminta untuk menyetujui persyaratan yang diajukan oleh Spotify, setelah itu pengguna dapat mengakses daftar putar yang telah disediakan.

Harga Token NFT Berbasis Musik Melonjak

Usai fitur anyar Spotify debut, beberapa token musik Web3 mengalami lonjakan harga diantaranya token asli Viberate (VIB) yang dilaporkan naik 33 persen pada perdagangan OpenSea, Jumat (24/2/2023).

Diikuti kenaikkan token Audius (AUDIO) dan Rhythm (RHYTHM) yang masing-masing naik 4 persen dan 2,5 persen serta melesatnya harga NFT Creepz yang meroket tajam sebesar 310 persen dalam 24 jam terakhir menjadi 730 ET.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat