androidvodic.com

Evolusi Cryptocurrency Sejak 2013 Hingga 2022, Dulu Cuma Ada 14 Koin Kripto Kini Tembus 22.709  - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, NEW YORK - Situs web pelacakan harga cryptocurrency CoinMarketCap mengungkapkan kapitalisasi pasar kripto meningkat lebih dari 80,466 persen sejak 2013.

Terdapat sekitar 14 koin yang terdaftar di CoinMarketCap pada 2013, termasuk bitcoin, litecoin, peercoin, namecoin, feathercoin, terracoin, devcoin, freicoin, novacoin, chncoin, bbqcoin, mincoin, bitbar, dan ixcoin. Nilai pasar kripto saat itu pun hanya menyentuh 1,32 miliar dolar AS.

Melansir dari Bitcoin News, pada saat itu sejumlah besar aset kripto teratas saat ini seperti ethereum, bnb coin, solana, cardano, tether, usd coin, dan avalanche belum ada.

Stablecoin juga belum ada pada saat itu. Sementara pada saat ini, Stablecoin mewakili nilai 137 miliar dolar AS dari valuasi kripto sekarang sebesar 1,06 triliun dolar AS.

Pada tanggal 9 Mei 2013, Bitcoin (BTC) tercatat diperdagangkan dengan harga yang jauh lebih sedikit daripada hari ini sebesar 111,87 dolar AS per koin.

Selain itu, hanya ada 11,13 juta BTC yang beredar dibandingkan dengan 19,30 juta BTC yang ada saat ini.

Pada 2013, kapitalisasi BTC mencapai 1,24 miliar dolar AS dan kapitalisasi pasar litecoin (LTC) menjadi yang terbesar kedua.

Pada saat itu, valuasi pasar LTC sekitar 59,05 juta dolar AS, menurut CoinMarketCap. Saat ini, kapitalisasi pasar LTC jauh lebih besar, yaitu 6,79 miliar dolar AS.

Kapitalisasi pasar Peercoin (PPC) adalah 5,23 juta dolar AS, dan meskipun merupakan koin lama yang terlupakan, valuasi pasar PPC saat ini sekitar 13,15 juta dolar AS.

Tetapi koin lain seperti terracoin (TRC) tidak seberuntung itu. Kapitalisasi pasar TRC pada Mei 2013 adalah 1,14 juta dolar AS, dan hari ini turun menjadi 340.296 dolar AS.

Selain itu, terdapat beberapa koin sangat terlupakan sehingga tidak lagi terdaftar di situs agregasi kapitalisasi pasar koin seperti CoinMarketCap.

Pada 2013, hanya ada segelintir pertukaran kripto, dan beberapa di antaranya tidak jelas. Dompet mata uang digital juga sedikit dan jarang.

Baca juga: Bangkrut, Bandar Kripto Voyager Digital Obral SHIB dan ETH Bernilai Ratusan Juta Dolar

Sementara pada 2022 menjadi tahun yang sulit bagi sektor kripto karena sejumlah besar bisnis tumbang akibat Crypto Winter, ketidakpastian ekonomi, maupun permasalahan lainnya.

Baca juga: Survei Coinbase: 20 Persen Orang Dewasa di Amerika Serikat Punya Aset Kripto

Terlepas dari keruntuhan dan ratusan miliar dolar AS yang menguap dari pasar kripto, namun sektor tersebut pada saat ini telah berkembang lebih besar dibandingkan pada 2012.

Selain internet, tidak banyak sektor yang mengalami pertumbuhan 80.466 persen dalam waktu kurang dari satu dekade.

Terkini Lainnya

  • CoinMarketCap mengungkapkan kapitalisasi pasar kripto meningkat lebih dari 80,466 persen sejak 2013.

  • Memanfaatkan Fitur Shopee Live, Pesanan Brand Sepatu Lokal Dushishoes Meningkat Hingga 16 Kali Lipat

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat