androidvodic.com

Baru Berjalan 13 Bulan, Pasar NFT Solana Formfunction Umumkan Berhenti Beroperasi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, WASHINGTON - Pasar Non-Fungible Token (NFT) Solana, Formfunction, mengumumkan akan menghentikan operasinya menyusul penurunan volume perdagangan dan harga Solana NFT.

Formfunction akan berhenti beroperasi pada 29 Maret 2023, setelah berjalan selama 13 bulan. Keputusan itu dicapai setelah “banyak diskusi dan pertimbangan yang cermat", kata Formfunction dalam pernyataannya pada Rabu (15/3/2023).

"Kami memiliki beberapa berita sedih untuk dibagikan hari ini, Formfunction ditutup pada hari Rabu, 29 Maret," kata Formfunction, yang dikutip dari Cointelegraph.

Baca juga: Meta Hentikan Dukungan NFT pada Platformnya di Tengah Perkembangan Pasar Kripto

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit; namun, setelah banyak diskusi dan pertimbangan yang cermat, kami sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak dapat terus mengoperasikan Formfunction," imbuhnya.

Alasan pasti penutupan platform itu tidak diungkapkan Formfunction dalam pengumumannya.

Kepala komunitas dan pemasaran Formfunction, yang dikenal dengan nama samaran "Magellan," men-tweet pada 15 Maret dengan mengatakan para pendiri dan tim akan "berputar ke arah baru, kemungkinan di luar crypto (dan) ruang SOL", tetapi tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

"Dengan sangat sedih untuk mengatakan bahwa @formfunction sedang dihentikan dan ditutup karena para pendiri dan tim beralih ke arah baru, kemungkinan di luar ruang crypto & SOL," cuit Magellan.

Salah satu pendiri Formfunction, Matt Lim dan Katherine Liu, juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Cointelegraph mengenai penutupan platform itu.

Penutupan Formfunction terjadi setelah diluncurkan lebih dari setahun yang lalu, pada 3 Februari 2022. Menurut Magellan, selama waktu itu penjualan Formfunction mencapai 5 juta dolar AS meskipun ada "Bear Market yang brutal".

Tidak lama setelah peluncurannya, platform ini juga mendapatkan pendanaan awal senilai 4,7 juta dolar AS pada Maret 2022 yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura (VC) Variant Fund dan kontribusi dari perusahaan VC lainnya Solana Ventures, Canonical Crypto, Pear VC, Palm Tree Crew Crypto, dan OpenSea Ventures.

Sejak peluncuran Formfunction, ruang NFT Solana yang lebih luas telah anjlok dalam hal volume dan harga dasar bersamaan dengan penurunan harga Solana (SOL).

Angka-angka dari agregator data Solana NFT, SolanaFloor, menunjukkan indeks NFT “blue chip” di blockchain mengalami penurunan harga sebesar 75 persen dalam dolar AS sejak awal Februari 2022.

Jumlah harian pembeli Solana NFT juga mengalami penurunan selama 12 bulan terakhir. Menurut data dari CryptoSlam, pembeli harian saat ini berkisar sekitar 7.000 orang, hampir setengah dari jumlah rata-rata yang terlihat pada awal tahun 2022.

Harga SOL juga turun sejak peluncuran Formfunction. Pada awal 2022, SOL diperdagangkan sekitar 100 dolar AS, sekarang telah jatuh lebih dari 80 persen, dan diperdagangkan sekitar 19 dolar AS.

Harga SOL terpukul secara signifikan akibat keruntuhan bursa kripto FTX pada November 2022. Pendiri FTX Sam Bankman-Fried adalah investor awal di blockchain Solana.

Koleksi NFT terkenal pertama yang berasal dari Solana tampaknya juga meninggalkan platform tersebut.

Pada Desember tahun lalu, DeGods dan y00ts, dua proyek Solana NFT dengan kinerja terbaik, mengumumkan mereka menjembatani Ethereum dan Polygon untuk “menjelajahi peluang baru” dan memungkinkan pertumbuhan koleksi yang berkelanjutan.

Terkini Lainnya

  • Penutupan Formfunction terjadi setelah diluncurkan lebih dari setahun yang lalu pada 3 Februari 2022.

  • Memanfaatkan Fitur Shopee Live, Pesanan Brand Sepatu Lokal Dushishoes Meningkat Hingga 16 Kali Lipat

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat