androidvodic.com

Bursa Kripto FTX Pulihkan Aset Senilai 7,3 Miliar Dolar AS - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, NEW YORK - Pertukaran kripto yang bangkrut, FTX, memulihkan lebih dari 7,3 miliar dolar AS dalam bentuk uang tunai dan aset kripto.

Jumlah tersebut meningkat lebih dari 800 juta dolar AS sejak Januari, kata pengacara FTX di sidang pengadilan kebangkrutan Amerika Serikat pada Rabu (12/4/2023).

Pengacara FTX, Andy Dietderich, mengatakan perusahaan mulai memikirkan masa depannya setelah berbulan-bulan berupaya mengumpulkan sumber daya dan mencari tahu apa yang salah di bawah kepemimpinan mantan pendiri FTX yang didakwa, Sam Bankman-Fried.

Baca juga: Bos Kripto FTX Hadapi Dakwaan Baru, Dituduh Berikan Suap 40 Juta Dolar AS ke Pejabat China

"Situasinya telah stabil, dan api sudah padam," kata Dietderich, seperti yang dikutip dari Reuters.

FTX telah diuntungkan dari kenaikan harga kripto baru-baru ini, kata Dietderich. Total pemulihannya akan bernilai 6,2 miliar dolar AS berdasarkan harga kripto dari November 2022, ketika bursa kripto itu mengajukan kebangkrutan.

Kebangkrutan FTX terjadi setelah pedagang menarik 6 miliar dolar AS dari platform tersebut dalam tiga hari dan pertukaran saingannya Binance meninggalkan kesepakatan penyelamatan.

CEO baru FTX, John Ray, telah merinci transfer dana yang tidak tepat dan akuntansi yang buruk di bursa kripto yang runtuh tersebut, menggambarkannya sebagai "kegagalan total" dari kontrol.

Melihat ke masa depan, kata Dietderich, FTX sedang bernegosiasi dengan para pemangku kepentingan tentang opsi untuk memulai kembali layanan pertukaran kriptonya, dan mungkin akan membuat keputusan tentang hal itu pada kuartal saat ini.

Dia menawarkan beberapa detail tentang apa arti reboot bagi pelanggan FTX yang setoran kriptonya telah dikunci selama kasus kebangkrutan berlangsung.

Baca juga: Bekas Bos Kripto FTX Nishad Singh Mengaku Lakukan Penipuan dan Pencucian Uang

Sejauh ini, pelanggan FTX di Jepang adalah satu-satunya yang dapat menarik dana, karena peraturan kripto negara itu yang relatif kuat, kata Dietderich.

FTX akan membutuhkan modal yang signifikan untuk memulai kembali pertukaran kripto, karena antarmuka pelanggan yang ada hanya memiliki sedikit koneksi dengan pergerakan uang di belakang layar, kata pengacara itu.

"Aplikasi ini bekerja dengan baik, tetapi sebenarnya itu hanya sebuah fasad," ujar Dietderich.

Tidak jelas apakah FTX harus menggunakan dananya sendiri untuk memulai kembali layanan pertukaran kriptonya, daripada menggunakan uang untuk membayar pelanggan, kata Dietderich. Memulai kembali bursa mungkin memerlukan pendanaan dari luar atau penjualan aset bursa.

Baca juga: Bekas Bos Kripto FTX Nishad Singh Mengaku Lakukan Penipuan dan Pencucian Uang

FTX juga sedang mengerjakan rencana awal Bab 11 yang akan menawarkan perusahaan jalan keluar dari kebangkrutan, kata Dietderich.

FTX bermaksud mengajukan rencana itu pada Juli mendatang, tetapi mengakui bahwa banyak detail yang harus diselesaikan karena kreditor memperjuangkan bagian mereka dari aset perusahaan.

FTX tidak berharap rencana Bab 11 akan disetujui sebelum kuartal kedua 2024.

Bankman-Fried dan beberapa orang dalam perusahaan telah didakwa atas tuduhan penipuan atas peran mereka dalam keruntuhan perusahaan.

Berbeda dengan pengakuan tidak bersalah dari Bankman-Fried, mantan petinggi FTX yang memiliki hubungan dekat dengannya telah mengaku bersalah dan setuju untuk bekerja sama dengan jaksa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat