androidvodic.com

Pastikan Belanja Jadi Lebih Hepi, Lazada Berikan Layanan Terbaik dengan Fitur Berteknologi AI - News

News - Memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan setia menjadi hal penting pada setiap proses suatu bisnis. Sama halnya dengan Lazada Indonesia (Lazada), yang terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaiknya kepada pelanggan setianya. 

Lazada Indonesia (Lazada) menegaskan kembali komitmennya dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja dengan dukungan pelanggan 24 jam melalui Lazada Care serta beragam fitur lainnya. 

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, “Lazada selalu mengutamakan layanan terbaik untuk para pelanggan di dalam ekosistem e-commerce yang aman dan nyaman. Karena itulah kami menegaskan kembali komitmen untuk #MendengarLebihBaik, sehingga pelanggan bisa #TenangPastiSelesai.” 

Sederet inovasi Lazada untuk pelanggan setianya

Sebagai bentuk dari komitmen tersebut, Lazada hadir dengan sederet inovasi saluran komunikasi, salah satunya adalah fitur live chat yang mengusung teknologi Artificial Intelligence (AI).

Berikut adalah fitur dan kemudahan yang bisa didapatkan oleh pelanggan melalui saluran komunikasi berbasis AI Lazada:

1. Customer Lazada Engagement Officer (CLEO)

Lazada berinovasi dengan menciptakan layanan konsumen berupa chatbot yang disebut dengan CLEO. Adapun inovasi ini diberikan untuk lebih mengoptimalkan layanan dan memberikan respon yang serba cepat dan tepat bagi konsumen. Fitur CLEO tersedia 24/7 untuk membantu menjawab pertanyaan konsumen. 

2. Lazada IM Shop Assistant (LISA)

Layanan pelanggan berbentuk chat telah menjadi bagian penting dalam platform e-commerce

Untuk itu, Lazada menghadirkan fitur chatbot berbasis kecerdasan buatan Lazada IM Shop Assistant (LISA) untuk memudahkan penjual berinteraksi dengan para pelanggan secara cepat dan kapanpun dalam rangka membantu performa toko dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan. 

Fitur LISA ini membantu para penjual dalam mengelola toko menjadi lebih efisien, khususnya saat periode promosi atau festival belanja. Secara otomatis, LISA akan merespon pelanggan dengan menganalisis pertanyaan dan membantu dalam memprediksi sesuai dengan konteks yang ditanyakan oleh pelanggan

Apabila ditemukan pertanyaan yang lebih kompleks atau unik, fitur LISA ini akan mengalihkan sesi pertanyaan ke admin toko. Asisten toko virtual ini juga akan membantu dalam memeriksa ketersediaan barang saat pelanggan chat ke toko langganan kapanpun. 

Baca juga: Lazada Indonesia Dorong Peningkatan Bisnis Penjual Melalui Ekosistem Digital

3. LazzieChat

Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda yang seru, menyenangkan, dan lebih personal bagi para pelanggan, Lazada meluncurkan LazzieChat, chatbot e-commerce berbasis AI pertama di Asia Tenggara. 

LazzieChat siap membantu kapanpun dibutuhkan pelanggan. Untuk mengakses LazzieChat, pengguna dapat menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada

Dinamakan sama seperti maskot singa ramah Lazada, Lazzie, LazzieChat memanfaatkan kemampuan AI dan platform e-commerce milik Lazada yang didukung oleh kemampuan bahasa alami dari Azure OpenAI Service. 

Teknologi ini dapat memahami dan menanggapi pertanyaan secara natural, serta menyarankan produk atau topik yang relevan dan mungkin menarik bagi pengguna. 

Selain itu, teknologi ini juga dapat mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dan berbelanja dengan cepat dan nyaman.

Brand dan penjual di platform Lazada juga dapat memanfaatkan LazzieChat untuk meningkatkan visibilitas produk. LazzieChat sangat berguna terutama untuk kategori produk fast-moving (FMCG) seperti fesyen dan kecantikan, yang termasuk dalam produk yang paling banyak terjual di Lazada. 

Lazada luncurkan LazzieChat, chatbot e-commerce berbasis AI pertama di Asia Tenggara

Hadirkan fitur berubah pikiran 

Selain menghadirkan berbagai fitur canggih dengan bantuan teknologi AI di atas, Lazada juga memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin mengembalikan barang karena berubah pikiran. Pelanggan dapat mengajukan pengembalian barang melalui fitur Berubah Pikiran di aplikasi dan juga mendapatkan gratis biaya pengembalian barang. 

Melalui fitur ini, pelanggan juga dapat menikmati jaminan 100 persen uang kembali apabila merasa tidak puas atau merasa barang yang diterima tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Baca juga: Layanan Lazada Logistics Hadir untuk Bantu Brand Lokal, Sudah Dibuktikan oleh Zaskia Mecca!

Agar memenuhi syarat pengembalian, pelanggan harus memastikan kondisi produk belum terpakai, belum dicuci, dan label aslinya masih terpasang. Pengembalian tidak bisa dilakukan apabila pelanggan telah membuka kemasan produk/barang atau tidak sesuai dengan ketentuan pada masing-masing kategori. Adapun kemasan yang dimaksud dalam hal ini adalah kemasan asli seperti kotak ponsel, dan bukan kemasan kurir. 

Tak hanya sampai di situ, agar pelanggan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, Lazada juga memastikan setiap pesanan sampai ke tangan pelanggan dengan pengiriman cepat dan gratis ongkos kirim lewat dukungan layanan logistik menyeluruh dari Lazada Logistics. 

Layanan Lazada Logistics ini didukung dengan teknologi pemetaan rute cerdas (smart routing) yang berbasis data untuk mitra kurir (frontliner) dan internet of things (IoT). Dengan begitu pengiriman paket ke pelanggan bisa lebih cepat, efisien, dan tetap ditangani dengan penuh kehati-hatian!

“Kami selalu berupaya untuk meningkatkan layanan pelanggan kami, salah satunya dengan mendedikasikan karyawan Customer Care yang responsif dan profesional untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien. Dengan demikian, bisa menciptakan lingkungan berbelanja yang memberikan pengalaman Belanja 100 persen Hepi di Lazada dengan beragam pilihan produk yang murah dan berkualitas hingga pengiriman barang yang cepat dan gratis ongkir,” ujar Ferry. 

Dengan menghadirkan berbagai inisiatif ini, Ferry berharap, inovasi fitur yang diberikan dapat membuat pelanggan makin yakin untuk berbelanja di Lazada

“kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan atas dukungan mereka selama ini, sehingga Lazada bisa menjadi platform e-commerce terpercaya di Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan berupaya menghadirkan berbagai fitur dan program untuk selalu memberikan pengalaman Belanja 100 persen Hepi di Lazada bagi pelanggan setia kami,” tutup Ferry.

Baca juga: Komitmen Berdayakan Talenta Muda Indonesia, Lazada Kembali Gelar Pelatihan “Naik KeLaz”

Terkini Lainnya

  • Lazada memberikan kemudahan dan kenyamanan berbelanja dengan dukungan pelanggan 24 jam melalui Lazada Care serta beragam fitur lainnya.

  • Semangat Mendukung Produk Lokal, Antusiasme Pengguna Shopee di Seluruh Indonesia

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat