androidvodic.com

Pasar Kripto Rebound, Bitcoin Pimpin Lonjakan Harga Tertinggi di Tahun 2023 - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, WASHINGTON – Perdagangan koin kripto selama sepekan terakhir terpantau melonjak tajam, dengan Bitcoin memimpin kenaikan.

Harga Bitcoin melesat ke level 38.748 dolar AS per koin pada Sabtu (2/12/2023).

Berbanding terbalik dengan harga di awal tahun lalu dimana saat itu Bitcoin dibanderol dikisaran 17.000 dolar AS per koin.

Pergerakan positif ini menunjukan bahwa sentiment panas yang tengah melanda bursa kripto FTX tak dapat menggoyahkan minat investor untuk melakukan aktivitas perdagangan kripto.

Justru di tengah keruntuhan bursa FTX, kapitalisasi pasar kripto global khususnya Bitcoin terus mengalami peningkatan tajam.

Penyebab Bitcoin Bull

Menurut analis kripto, rebound perdagangan Bitcoin CS di akhir tahun terjadi karena mendapat dorongan positif dari perubahan situasi makroekonomi di AS yang kini menghadapi fase ketidakpastian.

Meskipun data Price Index menunjukkan penurunan inflasi, namun komentar Presiden The Fed Jerome Powell yang terus memberikan isyarat kenaikan suku bunga ke level tertinggi telah membuat investor berpaling dan mulai mencari peluang lain untuk berinvestasi, salah satunya dengan beralih ke aset kripto Bitcoin.

Dengan dorongan tersebut, Bitcoin sukses mencatatkan pertumbuhannya sebesar 133 persen selama tahun 2023.

Baca juga: Tak Terpengaruh Keruntuhan FTX, Pasar Bitcoin Terus Melonjak Harganya Tembus 34.781 Dolar AS

Bahkan Tingkat pertumbuhan Bitcoin di klaim sepuluh kali lebih tinggi dari pada indeks Nasdaq 100, mengutip dari Finance Magnates.

Lonjakan harga ini juga berdampak positif bagi pendapatan penambang kripto, dimana lonjakan harga BTC dapat membuat aliran pendapatan penambang meningkat jadi 6,25 BTC untuk setiap blok yang mereka tambang.

Baca juga: Rebound, Bitcoin Tembus 30 Ribu Dolar AS, Morgan Stanley: Crypto Winter Segera Berakhir

Selain Bitcoin, sejumlah koin kripto teratas lainnya juga ikut mencatatkan kenaikan harga pada pekan ini menurut data pasar Coinmarketcap koin Ethereum saat ini mengalami rebound 1,04 persen dengan harga jual 2.103 dolar AS.

Lonjakan serupa juga dialami koin kripto Solana yang melesat 5,77 persen ke harga 61.99 dolar AS.

Kemudian, diikuti Dogecoin yang naik 7,11 persen jadi 0.0842 dolar AS. Sementara harga meme coin bergambar anak anjing, Shiba Inu melesat 0,79 persen ke level 0.000008402 dolar AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat