androidvodic.com

Survei Ipsos: Fitur Live Streaming Shopee Dongkrak Pertumbuhan Bisnis Brand Lokal dan UMKM - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Pola belanja masyarakat telah berubah sejak adanya pembatasan kegiatan ketika pandemi Covid-19 melanda dunia.

Kegiatan jual-beli banyak dilakukan melalui platform e-commerce. Dalam perkembangannya, penjualan melalui e-commerce bukan hanya sekadar memasang deskripsi dan foto produk saja, fitur live streaming mulai dihadirkan untuk memberikan informasi lebih jelas menyoal suatu produk.

Menurut survei yang dilakukan Ipsos Indonesia berjudul "Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual", platform penjualan live streaming berhasil memberikan peningkatan omset (73 persen).

Baca juga: Shopee Ungguli E-Commerce Lain Sebagai Marketplace Paling Populer untuk Live Streaming

Selain itu, live streaming juga mendorong ekspansi jangkauan pasar (68 persen), penghematan biaya promosi (64 persen), kemudahan berinteraksi dengan pelanggan online secara real-time (60 persen), dipercaya oleh pelanggan (59 persen), lebih aman dalam transaksi (49 persen) dan merasa lebih unggul dalam persaingan (37 persen).

Executive Director Ipsos Indonesia Andi Sukma, menyampaikan keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.

"Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan dan memberikan informasi langsung kepada konsumen. Keterlibatan ini membuat pengalaman berbelanja yang tidak hanya lebih personal tetapi juga meninggalkan kesan yang tak terlupakan," kata Andi dalam konferensi pers, Senin (15/1/2024).

Dalam segi pelayanan interaktif, Ipsos mengemukakan Shopee Live dengan 59 persen menunjukkan keunggulannya yang signifikan dibandingkan dengan TikTok Live 26 persen, Lazada Live 8 persen dan Tokopedia Play 7 persen bagi brand lokal dan UMKM.

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM.

Kontribusinya terhadap pertumbuhan bisnis brand lokal dan UMKM tidak diragukan lagi, dengan 62 persen responden mengakui bahwa Shopee Live menjadi pilihan sebagai fitur live streaming yang paling membantu mereka untuk bertumbuh. Diikuti oleh TikTok Live 26 persen, Tokopedia Play 7 persen dan Lazada Live 6 persen.

Dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM 62 persen memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka, lalu diikuti oleh TikTok Live 26 persen, Tokopedia Play 7 persen dan Lazada Live 6 persen.

Hal ini sejalan dengan hasil temuan survei Ipsos dimana Shopee Live dianggap sebagai live streaming yang menawarkan gratis ongkir paling banyak untuk brand lokal dan UMKM 65 persen, diikuti oleh TikTok Live 20 persen, Lazada Live 8 persen dan Tokopedia Play 7 persen.

"Melihat pertumbuhan yang pesat dan tingginya animo para penjual, khususnya brand lokal dan UMKM akan Shopee Live, fitur live streaming kini ternyata semakin menjadi bagian penting dari lanskap belanja online di Indonesia. Namun, masih banyak potensi besar yang bisa Shopee kembangkan dan ditawarkan ke depannya melalui berbagai inovasi dan program dalam menyambut live streaming sebagai masa depan industri e-commerce," jelasnya.

Terkini Lainnya

  • Live streaming juga mendorong ekspansi jangkauan pasar (68 persen), penghematan biaya promosi (64 persen).

  • Penggunaan Blockchain di Industri Kripto Mudahkan KPK Lacak Dugaan Pencucian Uang dan Korupsi

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat