androidvodic.com

Investor Kripto Tembus 18 Juta, 80 Persen Generasi Z hingga Milenial - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat, investor kripto di Indonesia didominasi anak muda dari generasi Milenial hingga Gen Z.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi, Tirta Karma Senjaya mengungkapkan, dominasi anak muda ini sebanyak 80 persen dari total investor kripto di Tanah Air.

Berdasarkan data terakhir per Desember 2023, jumlah investor kripto di Indonesia sekitar 18 juta investor.

Tirta menyatakan, ekosistem kripto di Indonesia saat ini sudah berada dalam lingkungan yang tepat. Indonesia disebut menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang pesat.

"80 persen lebih dari investor kripto di Indonesia berusia 18 hingga 30 tahun," ungkap Tirta dalam keterangannya, dikutip Jumat (1/2/2024).

"Selain memiliki lingkungan geografis dan populasi yang sesuai, Indonesia juga telah memiliki regulasi yang dapat memberikan jaminan keamanan bagi para investor kripto," ucap Tirta.

Tirta juga menegaskan pentingnya sinergi antara regulator, asosiasi, dan pelaku industri merupakan kunci untuk mendorong pertumbuhan industri kripto di Indonesia, terutama mengingat pergerakan aset kripto yang bervariatif dan terpengaruh oleh sentimen global.

Chief Executive Officer (CEO) Indodax, Oscar Darmawan mengatakan, perkembangan industri kripto di Indonesia sangat cepat.

Baca juga: Antisipasi Volatilitas Pasar, Investor Kripto Diimbau Lakukan Diversifikasi Portofolio

Kripto kini menjadi salah satu aset komoditas yang digunakan sebagai instrumen investasi.

"Saya sangat bangga dengan perkembangan industri kripto di Indonesia ini, yang pada awalnya di Indonesia hanya terdapat beberapa investor saja, kini bisa mencapai kurang lebih 18,83 juta investor kripto hingga Januari 2024," ucap Oscar.

Bos platform perdagangan kripto ini juga mengatakan, sebagai salah satu pelaku industri kripto di Indonesia, saat ini ekosistem kripto dalam negeri sudah semakin lengkap dan matang.

Baca juga: Bappebti : 50 Persen Investor Kripto Indonesia Didominasi Millenial dan Gen Z

Sehingga memudahkan para pelaku industri untuk mengembangkan industri kripto.

Sejalan dengan tingginya minat anak muda dalam berinvestasi kripto, Oscar mengatakan jika pihaknya sebagai pelaku industri berkomitmen untuk mengoptimalkan wadah untuk memajukan industri kripto di Indonesia agar dapat bersaing dengan industri di luar negeri.

"Indodax akan terus memberikan edukasi dan layanan terbaik bagi para investor kripto di Indonesia dengan adanya akademi untuk mengedukasi para trader ataupun calon trader cara berinvestasi yang benar, tips dan trik, hingga gambaran tren terkini mengenai industri kripto," ucap Oscar.

Ia melanjutkan, jika pihaknya mengemas edukasi ini dengan cara dan aktivitas menarik seperti webinar, podcast bersama komunitas, trading class offline dan online, serta artikel edukatif di website.

"Kami juga terjun langsung untuk mengedukasi mahasiswa-mahasiswi dengan bekerja sama bersama kampus-kampus yang ada di Indonesia," pungkas Oscar.

Terkini Lainnya

  • Investor kripto di Indonesia terus meningkat dan didominasi anak muda dari Generasi Milenial hingga Gen Z.

  • Memanfaatkan Fitur Shopee Live, Pesanan Brand Sepatu Lokal Dushishoes Meningkat Hingga 16 Kali Lipat

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat