androidvodic.com

Apa Penyebab Orang Terjerat Pinjol dan Bagaimana Cara Mengatasinya? - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Financial Planner Expert sekaligus Head of Advisory and Investment Operations PINA, Rista Zwestika Reni memaparkan apa yang menjadi penyebab orang terjerat pinjaman online dan memberikan tips untuk mengatasinya.

Rista menerangkan, salah satu faktor penyebabnya adalah banyak masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang keuangan, sehingga mereka mudah terjebak dalam perangkap pinjaman online.

"Mereka tidak memahami risiko dan konsekuensi dari meminjam uang secara online," ujar Rista saat dihubungi Tribunnews, Senin (11/3/2024).

Baca juga: Respons AFPI Soal Banyaknya Kasus Gagal Bayar di Perusahaan Pinjol

Kemudian, pinjaman online mudah diakses melalui aplikasi smartphone. Hal ini membuat masyarakat mudah tergoda untuk meminjam uang, meskipun mereka tidak benar-benar membutuhkannya.

Selain itu, pinjaman online sering menawarkan bunga yang rendah dan proses yang mudah. Hal ini membuat masyarakat tertarik untuk meminjam uang, meskipun mereka tidak memiliki kemampuan untuk membayarnya kembali.

"Masyarakat yang terdesak oleh kebutuhan keuangan, seperti biaya berobat atau pendidikan, sering kali tergoda untuk meminjam uang secara online. Mereka tidak memiliki pilihan lain untuk mendapatkan uang dengan cepat," kata Rista.

Rista menambahkan, padahal banyak penipu yang menawarkan pinjaman online ilegal. Mereka menjebak masyarakat dengan menawarkan bunga yang sangat rendah dan proses yang mudah.

"Namun, setelah masyarakat meminjam uang, mereka tidak dapat menagihnya kembali," imbuh Rista.

Rista menyarankan, agar masyarakat melakukan pinjaman uang hanya dari lembaga keuangan resmi. Pastikan memahami semua risiko dan konsekuensi dari meminjam uang.

Baca juga: Viral, Modus Penipuan Berkedok Pinjol, Tiba-tiba Ditagih Utang Rp1,6 Juta Padahal Tak Pernah Ajukan

Termasuk menghitung kemampuan untuk membayar pinjaman sebelum meminjamnya. Jangan tergoda dengan tawaran yang menarik. Jika terdesak oleh kebutuhan keuangan, carilah bantuan dari lembaga keuangan resmi.

Bagi mereka yang sudah terjerat pinjol dengan pinjam sana sini, berikut beberapa saran yang bisa membantu:

1. Hentikan Pengambilan Pinjaman Baru:

Langkah pertama adalah menghentikan pengambilan pinjaman baru untuk menutupi pinjaman lama. Hal ini hanya akan memperburuk keadaan dan membuat Anda semakin terjerat utang.

2. Buat Daftar Utang:

Buatlah daftar semua utang yang Anda miliki, termasuk jumlah pinjaman, bunga, dan tanggal jatuh tempo. Hal ini membantu Anda memahami situasi keuangan Anda dan membuat rencana untuk melunasinya.

3. Hubungi Pinjaman Online Terdaftar:

Terkini Lainnya

  • Rista menerangkan, salah satu faktor penyebabnya adalah banyak masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang keuangan

  • 1. Hentikan Pengambilan Pinjaman Baru:

  • 2. Buat Daftar Utang:

  • 3. Hubungi Pinjaman Online Terdaftar:

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat