androidvodic.com

Minyak Kedelai Jadi Bahan Campuran Kompon di Ban Goodyear - News

News, JAKARTA  – Goodyear kini mulai menggun akan bahan minyak kedelai sebagai campuran di kompon ban kendaraan yang diproduksinya. Penggunaan minyak kedelai ini mengacu pada hasil penelitian tim riset The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bareng United Soybean Board (USB) Amerika Serikat.

Saat dilakukan pengujian di lapangan uji Goodyear di San Angelo, Texas, AS, diperoleh data adanya peningkatan kemampuan ban produksi Goodyear yang mendapat campuran minyak kedelai pada komponen komponnya.

Senyawa karet pada minyak kedelai lebih mudah bercampur dengan silika. Manfaatnya, memberikan kemampuan cengkraman yang lebih baik di perbukaan dalam kondisi basah maupun kering.

Penggunaan minyak kedelai ini dilandasi pertimbangan peningkatan efisiensi pabrik manufaktur, karena bahan tersebut mudah didapatkan secara alami, hemat biaya, mengurangi konsumsi energi. Selain itu, minyak kedelai juga merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui.

Baca: Inden Yamaha TMAX Dibuka Lagi Lho! Jangan Lupa Baca Persyaratannya

“Sejarah panjang inovasi Goodyear terus membuat kami berkomitmen untuk mengaplikasikan solusi teknologi terbaru dan mengembangkan performa ban terbaik agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen,” sebut Eric Mizner, Director of Global Material Science Goodyear Tire & Rubber Company dalam keterangan persnya kepada Tribunnews, Senin (11/9/2017).

Dalam proses produksi ban, minyak berperan membantu pencampuran polimer kompleks, juga menurunkan kekakuan majemuk pada ban, melindungi peralatan pencampur dari kerusakan dan memperbaiki karakteristik kinerja ban.

Baca: Gaikindo: Penjualan Sedan Hatchback Melorot

Sebelumnya, Goodyear telah memanfaatkan bahan silika dari abu sekam padi sebagai upaya mengurangi konsumsi minyak bumi dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Bagi Goodyear hal semacam ini sudah jamak, bahkan dalam level negara,  Goodyear Indonesia telah mendedikasikan sekurangnya satu hektar lahannya untuk penghijauan kota dan menuju arah menjadi wilayah hutan arboretum untuk Kota Bogor," kata Wicaksono Soebroto, Head of Communications PT Goodyear Indonesia Tbk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat