androidvodic.com

Menperin Resmi Buka GIICOMVEC 2020 di Tengah Kekhawatiran Virus Corona - News

News, JAKARTA - Pameran kendaraan niaga dua tahunan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di tengah kekhawatiran meluasnya penyebaran virus corona, hari ini Kamis 5 Maret 2020 di Jakarta Convention Center ( JCC), Jakarta.

Pameran yang akan berlangsung sampai Minggu, 8 Maret 2020 ini memamerkan industri kendaraan niaga, industri pendukung dan karoseri menempati Hall A dan Hall B JCC Senayan.

Dalam sambutannya, Menperin Agus Gumiwang mengaku bangga atas pencapaian industri otomotif nasional saat ini.

"GIICOMVEC 2020 merupakan bentuk dukungan Gaikindo untuk dorong penjualan kendaraan komersial dan untuk dukung pembangunan di sektor infrastruktur," ungkapnya dalam sambutan tertulis di pembukaan yang dihadiri sekitar 300 tamu dan undangan serta awak media.

Menperin mengatakan, Indonesia mengalami tekanan besar warna corona saat ini yang membuat Pemerintah jadi sangat sibuk.

AGus Gumiwang2as
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di booth Mitsubishi Fuso di pameran kendaraan niaga Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 Kamis 5 Maret 2020 di Jakarta Convention Center ( JCC), Jakarta. Pameran berlangsung sampai Minggu, 8 Maret 2020.

"Tapi jangan ada upaya mendikotomikan antara covid-19 dengan pembangunan di sektor industri.  Upaya membangun ekonomi tidak boleh tersandera," ujarnya.

Dia juga tidak menampik, kinerja industri otomotif nasional di 2019 tertekan oleh ketidakpastian ekonomi global.

Peluncuran 5 Model Baru

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, menjadi sebuah kebanggaan bagi Gaikindo menyelenggarakan pameran yang mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan komersial di Indonesia ini.

GIICOMVEC digelar setiap dua tahun sekali. Pameran perdana digelar pada 2018.

Senada dengan Menperin, Yohannes mengatakan, tren industri otomotif nasional tahun lalu cukup kurang bagus bagi industri otomotif, tapi tahun ini diyakini akan membaik.

"Gaikindo bangga, pameran yang diselenggarakannya dipilih oleh agen pemegang merk untuk meluncurkan produknya. Di pameran kali ini akan ada 5 kendaraan baru yang akan diluncurkan," ujarnya.

Yohannes menambahkan, GIICOMVEC 2020 fokus pada upaya menggalang kesadaran bersama di kalangan pelaku industri otomotif, pelaku transportasi dan karoseri tentang pentingnya menjaga keselamatan di jalan raya.

"Kendaraan komersial tahun ini hadapi isi critical kecelakaan lalu lintas di jalan raya. WHO catat 1 juta korban laka meninggal di dunia. Indonesia peringkat ketiga," ujarnya.

"Bagi Gaikindo keselamatan bukan pilihan namun merupakan keharusan. Kami terus mendorong keselamatan di jalan raya agar korban jiwa bisa dihindari," imbuhnya.

GIICOMVEC 2020 menghadirkan peluncuran kendaraan baru oleh beberapa brand seperti Hino Mitsubishi Fuso dan Suzuki.

Pameran ini juga diikuti oleh beberapa pelaku industri otomotif ternama lainnya seperti Daihatsu, FAW, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Toyota, UD Trucks, United Tractors dan lainnya serta karoseri bus Adi Putro.

"Para pengguna kendaraan komersial juga dapat melengkapi dan mencari kebutuhan kendaraannya dengan bermacam suku cadang, aksesori, fitur teknologi dan perlengkapan lainnya di GIICOMVEC," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, Rabu (4/3/2020).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat