androidvodic.com

Ridwan Kamil Ngarep, Tesla Juga Inves di Jawa Barat Seperti Hyundai dan Toyota - News

Laporan Wartawan News, Hari Darmawan

News, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, perusahaan mobil listrik Tesla menanamkan investasi di Jawa Barat.

Dia mengatakan, saat ini produsen otomotif Hyundai telah membangun pabrik kendaraan listrik di Karawang, lalu disusul pula investasi serupa oleh Toyota.

"Kami berharap Tesla juga mengikuti langkah para produsen otomotif ini untuk melakukan investasi di Jawa Barat," ucap Kang Emil dalam acara West Java Investment Summit 2020, Senin (16/11/2020).

Menurut kabar yang berkembang, saat ini perusahaan milik Elon Musk itu sedang melirik investasi di kawasan industri Terpadu Batang, Jawa Tengah untuk pembuatan baterai dan power plant energy.

Baca juga: Bukan Hanya Tesla, VW Dikabarkan Susul Hyundai Bangun Pabrik di Indonesia, Kemenperin Sambut Positif

"Saat ini Jawa Barat mendominasi investasi di kawasan industri hingga 60 persen, total investasi di Indonesia. Jawa Barat ini dilirik karena kualitas infrastruktur yang baik, ujar Kang Emil.

Baca juga: Honda Belum Akan Buru-buru Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Ia juga mengungkapkan, infrastruktur yang baik ini memudahkan investor mengembangkan usahanya dan menjadi daya tarik tersendiri untuk Jawa Barat.

"Selain itu, Jawa Barat memiliki tingkat Sumber Daya Manusia melebihi rata-rata. Menurut survei rata-rata kualitas SDM di Indonesia berada di level 7, dan Jawa Barat berada di posisi empat setara Vietnam dan Thailand," ujar Kang Emil.

Sebelumnya, kabar terkait investasi Tesla di Indonesia tersebut dibeberkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia GL Kalake.

Ayodhia menyebutkan, bahwa Tesla mempunyai rencana berinvestasi di Indonesia dan telah menghubungi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat