androidvodic.com

Mengapa BBM Ron Tinggi Lebih Ramah Lingkungan? Ini Penjelasannya! - News

News – Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat penting karena merupakan bahan bakar utama dari kendaraan bermotor, mulai dari mobil hingga kendaraan roda dua seperti motor.

Terdapat beberapa jenis BBM yang bisa didapatkan dengan mudah. Pemerintah melalui Pertamina menyediakan berbagai jenis BBM, di antaranya Pertalite, Pertamax, dan Solar.

Khusus untuk kendaraan yang menggunakan BBM jenis Pertalite dan Pertamax, tentu para pengendara akan menyesuaikan dengan kendaraannya.

Namun, ada juga yang memilih menggunakan salah satu jenis dari BBM tersebut karena lebih ramah lingkungan. Seperti memilih untuk menggunakan Pertamax.

Lalu, apa sih sebenarnya yang membuat Pertamax disebut sebagai BBM yang ramah lingkungan jika dibandingkan lainnya?

Ternyata hal yang membuat Pertamax dianggap lebih ramah lingkungan adalah nilai oktannya. Nilai oktan Pertamax lebih tinggi jika dibandingkan dengan BBM jenis lainnya. Pertamax memiliki nilai oktan atau RON senilai 92, sedangkan BBM jenis lain memiliki nilai oktan 88.

Sebenarnya, apakah nilai oktan itu? Nilai oktan berkaitan dengan proses pembakaran bahan bakar yang dilakukan oleh mesin kendaraan.

Secara langsung, nilai oktan dapat menunjukkan besarnya tekanan yang diberikan oleh mesin terhadap bahan bakar agar dapat terbakar secara spontan.

Cara kerjanya mudah. Bahan bakar mengalami pembakaran karena adanya campuran bahan bakar yang sudah berbentuk gas dengan udara di dalam mesin.

Campuran ini nantinya akan terbakar karena adanya percikan api dari busi yang ada pada mesin.

Lalu, mengapa bisa dibilang ramah lingkungan? Ternyata, nilai oktan pada BBM akan memengaruhi pembakaran dan hasil pembakaran yang dikeluarkan dari mesin kendaraan.

Hasil buangan pembakaran dalam bentuk gas mengandung berbagai zat kimia, seperti karbon dioksida, nitrogen oksida, hingga sulfur oksida. Nah, berbagai zat kimia ini lah yang dapat merusak lingkungan. Tak hanya itu, kumpulan zat tersebut juga dapat berdampak buruk bagi sistem pernapasan manusia.

Maka itu, dengan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi seperti Pertamax akan membantu mengurangi polusi dan emisi gas buang, sehingga mengurangi dampak buruk bagi lingkungan dan manusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat