androidvodic.com

Tiga Truk Fuso Bermuatan Over Tonase Terjaring Razia Gabungan Ditlantas Polda Kalsel - News

News, BANJARBARU - Tiga unit truk Mitsubishi Fuso terjaring operasi yang diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kalimantan Selatan bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan dan TNI, Sabtu (9/10/2021).

Operasi ini fokus pada penindakan terhadap angkutan yang kelebihan muatan aliastruk ODOL di Bundaran Masjid Agung Al Munawwarah atau Jalan Trikora, Kemuning, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Berdasarkan pantauan Banjarmasin Post di lokasi, sejumlah mobil Mitsubisi Fuso bermuatan dicek dan dilakukan pengukuran tonasenya.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo melalui Ps Kasubdit Gakkum, Kompol Fauzan Arianto mengatakan, kendaraan angkutan yang kedapatan kelebihan muatan ditindak dengan cara ditilang.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Acong Diciduk Petugas Polsek Banjarbaru Barat Gara-gara Pengakuan Yahya

Baca juga: Petugas Polres Banjarbaru Amankan Tiga ODGJ Mengamuk di Banjarbaru, Dibawa ke RSJ Sambang Lihum

"Kegiatan ini merupakan respons dan tindak lanjut atas keluhan masyarakat terkait dugaan maraknya mobil angkutan khususnya pengangkut semen dengan tonase melebihi aturan dan berpotensi merusak infrastruktur jalan di Kalsel," kata Kompol Fauzan.

Baca juga: Kemenhub Akan Bangun Banyak Jembatan Timbang untuk Berantas Truk ODOL

Lebih lanjut, ia menjelaskan tidak cuma dalam merespons keluhan masyarakat kali ini, Polda Kalsel dan Polres Jajaran juga konsisten menegakkan aturan terkait batas maksimal tonase kendaraan angkutan yang melintas di jalan.

Baca juga: Asosiasi Pengusaha Sawit dan Semen Minta Zero ODOL Diundur Lagi Hingga 2025

Dari data Subdit Gakkum Dit Lantas Polda Kalsel, pada periode Bulan Juli hingga September Tahun 2021 tercatat telah dilakukan penindakan berupa tilang sebanyak 127 kali terhadap kendaraan-kendaraan angkutan yang kedapatan melebihi muatan di berbagai daerah di Kalsel.

Baca juga: Produsen Beton Ringan Minta Pemerintah Perhatikan Prakondisi Sebelum Penerapan Zero ODOL 2023

Dan kali ini, ada sekitar tiga mobil Mitsubihsi Fuso yang ditindak dikarenakan kelebihan muatan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kalsel, M Arief menjelaskan kegiatan ini merupakan insiatif Dit Polda Kalsel dan Dishub membantu secara teknisnya.

Dishub bertugas membantu menentukan kelayakan maupun kelebihan tonase. Setiap mobil, sambungnya, memiliki KIR yang mengharuskan mobil lulus uji kendaraan bermotor.

Baca juga: Apindo Minta Pemberlakukan Zero ODOL Diundur hingga Situasi Kondusif

"Di sana juga tertera kapasitas seharusnya. Untuk mobil jenis Fuso kapasitasnya 15 ton, sementara rata-rata yang ditemukan 20 ton lebih," ujarnya.

Mobil harus dilakukan uji kelayakan sebelum secara teknis dioperasikan di jalan raya, dan uji kelayakan berkaitan dengan dimensinya, rem, penerangan serta lainnya.

Tujuannya tentu dimaksudkan untuk menjaga keamanan, terutama terhadap pengemudinya. Karena itu menurutnya, penting dilakukan uji kelayakan mobil secara berkala. (Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Artikel ini tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Melebihi Batas Muatan, Tiga Truk Fuso Melintas di Banjarbaru Kena Tilang

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Eka Dinayanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat