androidvodic.com

Sederet Kendaraan Listrik Besutan Institut Teknologi PLN Tampil di IEMS 2021 - News

Laporan Wartawan News, Sanusi

News, TANGERANG SELATAN – Institut Teknologi PLN (ITPLN) sebagai Perguruan Tinggi yang berfokus di bidang ketenagalistrikan, ikut unjuk gigi dalam pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Puspitek, Tangerang Selatan, Banten pada 24-26 November 2021.

Dalam acara tersebut, ITPLN menampilkan hasil karya dosen dan mahasiswa kolaborasi antarjurusan, yaitu Kendaraan Ramah Lingkungan (Karling) Roda 2, Roda 3, dan Roda 4 dan juga Brajamusti Electric Vehicle Team Braja Racing Team, dan alat keamanan untuk kendaraan listrik berupa speaker yang menyimulasikan suara pada kendaraan listrik.

Alat keamanan tersebut penting mengingat kendaraan listrik tidak mengeluarkan suara pada saat dioperasikan.

Wakil Rektor II ITPLN Moh Ahsan, berharap melalui IEMS 2021, para mahasiswa dan dosen semangat dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

“Turut bangga dengan adanya pameran ini (IEMS 2021) dan diharapkan para mahasiswa dan dosen menjadi semakin semangat dan turut berpartisipasi dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya, Jumat (26/11/2021).

Para pengunjung yang terdiri dari kalangan umum maupun pelajar antusias mengunjungi booth ITPLN.

Kepala Kantor Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko juga berkesempatan untuk mengunjungi booth ITPLN yang terletak di Booth B9 – 10.

Kendaraan Ramah Lingkungan (Karling)
Kendaraan Ramah Lingkungan (Karling) (ist)

Institut Teknologi PLN sebagai lembaga pendidikan, saat ini fokus dalam pengembangan kendaraan listrik (electric vehicle) yang diberi nama Kendaraan Ramah Lingkungan (Karling). Pengembangan Karling dilakukan melalui konversi motor bensin ke motor listrik (swap engine) untuk motor bebek dengan nama KARLING-2R.

Selain itu, konsep kendaraan penumpang roda 3 (Karling-3R) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan penumpang jarak pendek seperti kompleks perumahan, tempat wisata, dan lokasi pabrik yang membutuhkan kendaraan untuk akses ke lokasi sekitar.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Dibanderol dengan Harga Spesial di IEMS 2021

Terakhir prototype kendaraan roda 4 yang diberi nama Karling-4R, dengan konsep multi propose vehicle yang bisa dikembangkan untuk kendaraan penumpang dan juga angkutan barang.

Pada kesempatan ini, ITPLN menampilkan karya mahasiswa S1 Teknik Mesin dari Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi (FTBE) yang diberi nama Brajamusti yang merupakan Tim Formula Mahasiswa Indonesia dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia.

Selanjutnya IT-PLN akan menampilkan salah satu proyek Kapal Lilstrik dengan menggunakan video virtual yang bisa dilihat melalui monitor TV yang ada di Booth IT-PLN.

Rektor ITPLN Prof Iwa Garniwa hadir di hari ketiga IEMS 2021, Jumat (26/11/2021).

Prof Iwa menjelaskan bahwa ITPLN mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami mengaplikasikan teknologi kendaraan listrik di kampus (ITPLN) oleh para mahasiswa kami melalui berbagai produk kendaraan listrik yang telah kami hasilkan. Kami berharap agar ITPLN dapat terus berkontribusi terhadap ekosistem electric vehicle untuk menuju transisi energi bersih.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat