androidvodic.com

Tujuh Tips Tinggalkan Mobil di Rumah Selama Mudik Lebaran 2022 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News, JAKARTA - Saat malas menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik di saat libur lebaran, banyak masyarakat memilih kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat terbang dan kapal laut untuk pulang ke kampung halaman.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, memberikan tips aman meninggalkan mobil pribadi selama libur Lebaran.

Berikut tips aman sebelum meninggalkan mobil di rumah sepanjang libur lebaran :

1. Bersihkan Eksterior dan Interior

Pemilik bisa mencuci mobil sebelum ditinggalkan di dalam garasi. Bodi mobil bisa dilapisi dengan wax untuk menjaga kondisi cat dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, air hujan dan baret.

Begitu juga bagian interior, manfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu. Lalu keluarkan karpet dan cuci hingga bersih, pastikan kering supaya tidak meninggalkan bau.

2. Parkir di Lokasi Aman

Paling aman, parkir kendaraan di garasi rumah yang sudah memiliki atap untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, hujan dan suhu udara malam hari.

Baca juga: Kena Macet di Tol Cipularang, Pengemudi Ngedumel, Yang Arah Jakarta Diabaikan

Mobil yang ditinggal juga berpotensi dihinggapi binatang liar atau serangga. Jadi pastikan pula seluruh celah seperti jendela, pintu.dan lubang-lubang di kolong mobil tertutup rapat. Bisa juga dengan meletakkan bahan pengusir binatang tersebut di sekitar mobil.

3. Keluarkan Barang Pribadi dan Sisa Makanan 

Jangan lupa untuk mengeluarkan makanan dan minuman yang tertinggal karena akan menimbulkan bau tidak sedap dan mengundang serangga.

Baca juga: Mudik Nyaman dan Aman Bersama Anak, Tips Dari Dokter Siapkan Hal-hal Ini Agar si Kecil Tetap Sehat

Keluarkan pula barang pribadi seperti kartu uang elektronik, kacamata, pemantik api, power bank dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

4. Lebihkan Tekanan Udara 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat