androidvodic.com

Belum Sampai 2 Bulan Meluncur, 2.700 Unit SUV Listrik Toyota bZ4X Kena Recall, Ada Apa? - News

News, TOKYO - Toyota Motor Corp melakukan penarikan (recall) atas mobil SUV listrik Toyota bZ4X sebanyak 2.700 unit setelah dua bulan diluncurkan karena munculnya risiko ban yang lepas.

Toyota mengajukan penarikan kembali SUV bZ4X ke kementerian transportasi Jepang. Dari 2.700 kendaraan, 2.200 diperuntukkan untuk Eropa, 260 untuk Amerika Serikat, 20 untuk Kanada dan 110 untuk Jepang.

Dikutip dari reuters, regulator keselamatan Jepang mengatakan, tikungan tajam dan pengereman mendadak dapat menyebabkan baut hub kendor, meningkatkan risiko roda terlepas dari kendaraan. Regulator mengatakan, tidak mengetahui adanya kecelakaan yang disebabkan oleh cacat tersebut.

Regulator keselamatan mengatakan, pihaknya menyarankan pengemudi untuk berhenti menggunakan kendaraan sampai ada tindakan perbaikan yang lebih "permanen".

Penarikan kembali terjadi kurang dari dua bulan setelah Toyota, yang relatif terlambat masuk ke pasar EV, meluncurkan SUV listrik, bZ4X, ke pasar domestik, meskipun sebagai opsi sewa saja.

Toyota mendapat kritikan dari beberapa investor dan organisasi lingkungan karena tidak bertindak cukup cepat untuk menghapus mobil bertenaga bensin dan merangkul EV sebagai gantinya.

Baca juga: FAW Toyota Kenalkan SUV Listrik bZ4X di China

Namun Toyota berulang kali menolak kritik tersebut  dengan alasan perlunya menawarkan berbagai powertrain agar sesuai dengan pasar dan pelanggan yang berbeda.

Model hibrida bensin-listrik Toyota tetap jauh lebih populer di pasar dalam negeri daripada EV, yang menyumbang hanya 1 persen dari mobil penumpang yang dijual di Jepang tahun lalu, berdasarkan data industri.

Baca juga: Toyota Mengkonfirmasi Masuknya Mobil Listrik BZ4X ke Indonesia

Namun, pasar tumbuh cepat dan pembuat mobil asing termasuk Tesla Inc membuat terobosan terlihat di jalan-jalan kota seperti Tokyo.

Penulis: Yudho Winarto | Sumber: Kontan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat