androidvodic.com

Toyota Recall 2.700 Kendaraan Listrik, SUV bZ4x Gagal Didistribusikan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS, TOKYO – Produsen kendaraan asal Jepang Toyota Motor Corporation tengah melakukan penarikan massal pada 2.700 kendaraan listrik SUV bZ4x, lantaran masalah keamanan pada bagian roda mobil.

Penarikan tersebut dilakukan Toyota pada Kamis (23/6/2022), setelah para regulator otomotif Jepang menemukan kendala dalam pengujian SUV bZ4x.

Dimana saat SUV bZ4x melewati uji coba tikungan tajam dan pengereman mendadak, baut hub yang terpasang dalam kendaraan tersebut mengendur, hal ini tentunya berbahaya lantaran meningkatkan risiko roda lepas pada bZ4x.

Baca juga: FAW Toyota Kenalkan SUV Listrik bZ4X di China

Meski cacatnya fitur ini belum memakan korban jiwa, namun mengantisipasi adanya kecelakaan pada pengguna membuat Toyota terpaksa menarik semua distribusi kendaraan SUV bZ4x di sejumlah negara seperti 2.200 dari Eropa, 260 di Amerika, 20 di Kanada serta 110 dari Jepang.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami, Kami akan memperbaikinya sesegera mungkin, tetapi kami sedang menyelidiki detailnya," ujar Toyota di situs webnya.

Walaupun sudah dua bulan meluncur di pasaran, namun bZ4X hingga sejauh ini masih belum dikirim ke pelanggan, sementara di Jepang kendaraan listrik buatan Toyota ini masih menjadi kendaraan sewa.

Sebelum Toyota melakukan recall massal, pihaknya telah mendapatkan sejumlah kritik baik investor maupun organisasi lingkungan, hal ini karena lambannya Toyota dalam melakukan transisi dari mobil bertenaga bensin ke kendaraan bermesin Electric Vehicle (EV).

Sebagai informasi Toyota hingga saat ini masih berpegang teguh untuk tetap memproduksi kendaraan bertenaga bensin di tengah meningkatnya permintaan produksi mobil listrik.

Baca juga: FAW Toyota Kenalkan SUV Listrik bZ4X di China

Meski pendapatan Toyota hanya menyumbang 1 persen dari penjualan mobil di jepang, namun dengan tetap memproduksi mobil bertenaga bensin pihaknya yakin jika pabrik otomotifnya dapat menjadi satu-satu merek kendaraan mesin yang paling banyak diminati masyarakat dunia.

Pengisian Daya Toyota Bz4x Bermasalah

Penjualan kendaraan listrik sepanjang tahun lalu mencapai 6,5 juta unit, menurut laporan EV Volume. Tingginya permintaan masyarakat dunia pada produk kendaraan listrik membuat sejumlah pabrik otomotif berlomba merilis mobil listrik terbaiknya.

Seperti yang dilakukan Toyota, pabrikan ini baru saja meluncurkan SUV listrik bZ4X dengan sistem pengerak all wheel drive (AWD), Kamis lalu.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik BZ4X yang Akan Digunakan Delegasi KTT G20 Bali

Namun setelah produk ini diluncurkan, SUV listrik Toyota bZ4X disebut mengalami kendala pada sistem pengisian dayanya.

Dikutip dari Carbuzz, pengisian daya cepat pada Toyota bZ4X model AWD tidak dapat berfungsi dengan baik saat berada dicuaca dingin yang ekstrem.

Tak lama berselang setelah munculnya kendala ini, Toyota membenarkan bahwa fitur fast-charging pada pengisian DC kendaraan bZ4X besutannya sedang mengalami masalah.

Disebutkan, fitur tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal pada suhu di bawah 32 derajat Fahrenheit, dan pengisian akan mati total pada suhu nol derajat.

Namun sebaliknya ketika suhu berada di 50 derajat Fahrenheit, Toyota menyebut fitur fast-charging justru dapat beroperasi secara baik bahkan waktu pengisian dapat meningkat secara signifikan.

Munculnya masalah ini menarik perhatian pengemar EV mengingat salah satu keunggulan bZ4X adalah kemampuannya untuk mengisi baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu satu jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat