androidvodic.com

Akselerasi Ekosistem Kendaraan Listrik, Eaton Kenalkan Infrastruktur Pengisian Daya EV Terbaru - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Perusahaan pengelolaan energi Eaton memperkenalkan solusi pengelolaan daya terbaru untuk mendukung transisi energi ramah lingkungan di Asia Pasifik (APAC).

Solusi tersebut meliputi solusi electric vehicle charging infrastructure (EVCI) serta xStorage untuk battery energy storage systems (BESS) yang dirancang khusus untuk lingkungan bisnis dan operasional di Asia Pasifik.

“Ketika kami mengintegrasikan energi baru terbarukan (EBT) ke dalam grid, tantangan utama kami adalah menyeimbangkan variabilitas dengan always-on demand,” ujar Jimmy Yam, Vice President, Asia TImur Eaton dalam pernyataan pers tertulisnya yang dikutip hari ini.

Baca juga: Kesan Mensesneg Pratikno Usai Jajal Mobil Listrik Genesis Electrified G80: Mobilnya Enak Sekali

Dia menjelaskan, sistem daya yang fleksibel dan cerdas akan menjadi kunci untuk mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Solusi ini dapat membantu bisnis menavigasi tantangan transisi dalam mengadopsi alternatif yang lebih ramah lingkungan, baik untuk memenuhi syarat regulasi yang kerap berubah maupun bersiap untuk menghadapi perubahan permintaan di masa depan.

Eaton juga telah menjalin kemitraan dengan Sustainable Tropical Data Centre Testbed (STDCT) di Singapura untuk mendorong pengembangan solusi yang inovatif dan berkelanjutan bagi data centre di daerah tropis.

Untuk membantu pemilik gedung dan pengembang mempersiapkan diri menghadapi peraturan dan permintaan di masa datang, Eaton telah memperkenalkan jajaran solusi pengelolaan daya dan pengelolaan digital EVCI yang komprehensif.

Solusi tersebut dikembangkan berdasarkan teknologi dan pengalaman Eaton di Eropa dan Amerika yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan peluang di Asia Pasifik.

Dia menjelaskan, jajaran solusi EVCI terbaru ini membantu pengelola gedung dan operator armada kendaraan listrik mengoperasikan infrastruktur kendaraan listrik secara mudah dan fleksibel.

Baca juga: Dukung KTT G20, Mabes TNI Kirim 252 Kendaraan Listrik ke Bali

Antara lain, solusi AC (alternating current), DC (direct current) dan prefabricated EV charging station, dan Cloud-based EV charging software untuk membantu operator pengisian daya mengoptimalkan biaya, mengelola pendapatan mereka dan memiliki kendali penuh atas seluruh jaringan pengisian daya.

Ketika diintegrasikan dengan sistem penghasil EBT, solusi ini memungkinkan gedung untuk mengurangi biaya dalam mengoperasikan EVCI secara signifikan serta membuka peluang untuk menciptakan pendapatan tambahan dari EVCI.

Komponen penting dalam sistem penghasil EBT adalah Battery Energy Storage System (BESS). BESS dapat menyimpan dan merilis energi yang dibutuhkan, sehingga membantu untuk mengelola kompleksitas jaringan daya, seperti alur daya dua arah dan variabel dari EBT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat