androidvodic.com

Tata Motors Rayakan Produksi Mobil Listrik yang ke-50.000 Unit - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, NEW DELHI Tata Motors berhasil memproduksi kendaraan listrik (EV) sebanyak 50.000 unit di fasilitas manufakturnya di Ranjangaon, dekat Pune.

Mobil listrik yang mereka produksi terdiri dari empat model, yakni Nexon EV, Tigor EV, Tiago EV dan Xpres-T EV.

Adopsi kendaraan listrik telah meningkat di India akibat kenaikan harga bahan bakar minyak.

Dilansir dari Autocar India, Selasa (8/11/2022) Tata Motors berhasil menjual 15.518 unit dari semua kendaraan listriknya pada periode April hingga September 2022, sehingga membuat pangsa pasar merek tersebut naik menjadi 85,53 persen.

Selain memimpin lebih awal, kesuksesan Tata Motors di bisnis mobil listrik juga dapat dikaitkan dengan kurangnya pesaing untuk penjualan mobil listrik di ceruk harga yang mereka isi saat ini.

Tata Motors merupakan satu-satunya produsen mobil yang semua EV-nya dibanderol di bawah Rs 20 lakh atau di bawah 400 juta rupiah.

Sebagai perbandingan, mobil listrik MG ZS dibanderol mulai dari Rs 22,58 lakh dan seterusnya.

Timeline Produksi EV Tata Motors

Di produksi mobil listrik, Tata Motors juga menjangkau segmen pasar yang luas dan beragam.

Tata Motors meluncurkan EV pertamanya yakni sedan listrik Tigor pada Juni 2019. Kemudian pada Januari 2020, Tata memperkenalkan SUV listrik Nexon.

Baca juga: Tata Motors Luncurkan Mobil Listrik Murah Berdesain Kompak, Harga Cuma Rp 155 Jutaan

Setahun kemudian, mereka memperbarui model kendaraan listrik Tigor dan Xpres-T dengan baterai yang lebih besar, jangkauan yang lebih luas, dan daya yang lebih besar, sehingga membuatnya lebih diminati.

Baru-baru ini, Tata Motors juga meluncurkan Hatchback Tiago EV yang dibanderol dengan harga Rs 8,49 lakh, menjadikannya EV paling terjangkau yang saat ini dijual di India.

Baca juga: Tingkatkan Produksi Mobil Listrik, Tata Motors Akuisisi Pabrik Ford di India

Ke depan, Tata Motors akan memperkenalkan lebih banyak kendaraan listrik berdasarkan arsitektur Gen-2.

Tata Motors sebelumnya telah mengungkapkan bahwa akan ada empat produk Gen-2, yang terdiri dari Altroz, Punch, Sierra dan versi tertinggi dari Curvv.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat