androidvodic.com

Pelatihan Safety Riding dan Kontes Seru Gymkhana Meriahkan Akhir Pekan Bikers - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Ratusan bikers memeriahkan kegiatan edukasi safety riding dan kontes gymkhana dan rode bertajuk Garrison Motoforge, Safety & Skill, Coaching & Contest di area halaman gedung MPR/DPR RI di akhir pekan, Minggu, 12 Februari 2023.

Kegiatan ini semakin meriah dengan hadirnya puluhan bikers pemilik dan pecinta motor gede atau moge dari berbagai komunitas. Mereka mengikuti kegiatan kontes yang terbagi dalam dua kategori lomba yaitu gymkhana dan rodeo.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye keselamatan berlalu lintas dan diselenggarakan oleh Garrison Motoforge, wadah pusat servis, bengkel dan gaya hidup pengguna motor dengan dukungan penuh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca juga: Buka Safety Riding, Bamsoet Tantang Pengelola Jalan Tol Bangun Jalur Khusus Pengendara Motor

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo yang juga adalah Ketua MPR RI resmi membuka kegiatan ini dan menyampaikan sejumlah pesan kepada komunitas bikers.

Dia mengatakan, kegiatan ini memiliki dua agenda utama yakni Safety Skill Clinic dan Safety Skill Contest.

Di kegiatan Safety Skill Clinic, para pengguna kendaraan motor ber-cc besar ikut kelas edukasi dan mempraktikkan safety riding yang benar di bawah arahan para instruktur berpengalaman.

Sedangkan untuk Safety Skill Contest diisi dengan kontes Rodeo untuk pengguna Harley Davidson dan Gymkhana yang meliputi Zig Zag Spiral, Slow ride, Pengereman, serta Trial 8) untuk pengguna motor besar lainnya.

Dia juga mengusulkan agar para pengelola jalan tol untuk membangun jalur khusus yang terpisah dengan jalur tol mobil bagi sepeda motor agar bisa berkendara di jalan tol.

Dia mencontohkan di Bali saat ini sudah ada jalan tol yang bisa dilalui sepeda motor, yakni di jalan tol Bali Mandara Toll Road yang dikelola Jasa Marga dan jalan tolJagat Kerthi yang sedang dibangun untuk mempermudah akses Gilimanuk – Mengwi.

Baca juga: Tekan Angka Kecelakaan, Dua BUMN Pelatihan Safety Riding di Pusdik Lantas Polri Serpong

Bamsoet mengatakan, jalan tol khusus untuk sepeda motor bisa menyelamatkan banyak nyawa dan menekan angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya sekaligus mengurai kepadatan volume kendaraan di jalan umum.

“Saya menantang para pengelola jalan tol, khususnya yang sudah mengeruk keuntungan besar dari hak pengelolaan jalan tol selama ini untuk ikut memikirkan pembangunan jalur khusus sepeda motor tanpa dana pemerintah," ujarnya.

Menurutnya, jalur tol khusus sepeda motor tersebut dapat dibuat pada sisi kanan dan kiri jalur tol yang masih ada lahan kosongnya, seperti di ruas tol Trans Jawa, Cipularang, maupun tol Jagorawi.

Alex Valdy Lahallo, CEO Garrison Motoforge dan juga Ketua Penyelenggara mengatakan, mengemudikan sepeda motor merupakan hal yang menyenangkan, namun perlu standar keahlian demi menjaga keselamatan berlalu lintas baik untuk diri sendiri atau pengguna jalan lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat