androidvodic.com

Intip Rahasia Dapur Suzuki, 55.000 Pelajar dari 600-an Sekolah Sambangi Pabrik Perakitan di Cikarang - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Sebanyak 55.000 pelajar dari sekitar 600-an sekolah telah menyambangi dapur Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, untuk melihat dari dekat proses perakitan kendaraan roda empat Suzuki.

Data tersebut merupakan akumulasi dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) Suzuki ke dunia pendidikan di Indonesia hingga sekarang.

Di tahun 2023 ini, Suzuki Indonesia memacu aktivitas kunjungan pelajar ke pabrik perakitannya dengan berpartisipasi di program wisata industri yang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Di 2023 ini kebetulan Pemkab Bekasi mencanangkan program wisata industri untuk meningkatkan potensi ekonomi. Suzuki berpartisipasi menjadi salah satu partner di program tersebut," ungkap David Hartanto, Section Head of Corporate Communication & CSR PT Suzuki Indomobil Sales di acara Media Talk: Kegiatan CSR Suzuki Indonesia di sela penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2023, Sabtu, 19 Agustus 2023.

David menjelaskan, pihaknya menjalankan kegiatan CSR ke sektor pendidikan melalui program Suzuki Peduli Pendidikan yang pelaksanaannya mengacu pada 3 alasan.

Pertama, pentingnya peran SDM unggul dalam megembangkan industri otomotif Indonesia. Kedua, belum meratanya kualitas dan fasilitas pendidikan, dan ketiga, program-program yang bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan siswa.

"Aktivitas yang dijalankan antara lain melalui kegiatan kunjungan pelajar ke pabrik Suzuki di Cikarang. Sampai saat ini kita sudah mengundang 600 sekolah dan 55 ribu pelajar ke pabrik Suzuki," ujar David.

Apa saja yang didapatkan siswa di kegiatan kunjungan pabrik?

David memaparkan, kepada setiap rombongan pelajar yang melakukan kunjungan pabrik pihaknya memberikan pengenalan umum tentang proses produksi kendaraan Suzuki seperti pressing, assembling sampai painting mobil-mobil Suzuki.

David PT SIS
David Hartanto, Section Head of Corporate Communication & CSR PT Suzuki Indomobil Sales.

Selain itu juga diperkenalkan jenis-jenis kendaraan Suzuki yang diproduksi. "Kami juga memberikan kesempatan siswa mendalami proses produksi lewat sesi tanya-jawab," kata David.

Soal kunjungan sekolah ke pabrik Suzuki ini, David mengatakan, kegiatan ini terbuka untuk semua sekolah. Cara pengajuannya juga mudah.

"Kami menyediakan formulir jika ada permintaan kunjungan ke pabrik oleh sekolah di website Suzuki. Kita buka untuk kegiatan kunjungan sekolah ini di hari Selasa dan dan Kamis," beber David.

Donasi Mesin CNC

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat