androidvodic.com

Upaya Kemenkomarves Mempercepat Adopsi Kendaraan Listrik - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Mengurangi emisi karbon di sektor transportasi adalah salah satu agenda utama untuk mencapai target nol emisi Indonesia pada tahun 2060.

Sektor transportasi merupakan penyumbang terbesar kedua terhadap gas rumah kaca (27 persen), yang masih didominasi oleh bahan bakar fosil.

Fakta ini mendorong Kemenkomarves mempercepat adopsi kendaraan listrik dengan bermitra bersama produsen sebagai upaya mewujudkan nol karbon atau dekarbonisasi.

Baca juga: Toyota Bakal Tawarkan Pilihan Transmisi Manual untuk Mobil Listrik

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves Nani Hendiarti mengatakan, pihaknya mengawal program dekarbonisasi sistem transportasi dengan membangun ekosistem yang mendukung.

"Untuk itu, kami mengkoordinasikan percepatan penggunaan energi terbarukan, dorong produksi dan manufaktur lokal dan adopsi kendaraan listrik," kata Nani saat peluncuran transisi armada operasional AstraZeneca dari berbahan bakar bensin menjadi kendaraan listrik yang ramah lingkungan di Indonesia di Jakarta belum lama ini.

Kemenkomarves juga akan mengembangkan kerangka kerja yang terintegrasi mulai hulu hingga hilir dalam kebijakan industri untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang andal dan kompetitif.

Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia, Se Whan Chon mengatakan, untuk mencapai layanan kesehatan nol karbon tidak bisa dilakukan sendirian.

"Hanya dengan memelihara kerjasama global yang telah kita tunjukkan dalam melawan COVID-19, baru kita dapat suatu hari memulihkan bumi dan melindungi kesehatan manusia untuk generasi yang akan datang," katanya.

Ditambahkannya, transisi armada AstraZeneca ke kendaraan listrik merupakan inisiatif keberlanjutan sebagai janji Sustainable Healthcare yang berdampak pada pengurangan hingga 900 ton metrik emisi karbon dari kendaraan operasional.

"Kami mendukung inisiatif pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik dengan bermitra bersama produsen kendaraan listrik lokal," kata Se Whan.

Baca juga: Susul Tesla, Toyota Pamerkan Jajaran Mobil Listrik Baru di JMS 2023 Ada FT-Se hingga Lexus LF-ZC

Head of Corporate Affairs AstraZeneca Indonesia, Hoerry Satrio mengatakan, proses transisi akan berlangsung secara bertahap hingga akhir tahun 2024 dan distribusi akan bergantung pada produksi kendaraan listrik dan kesiapan internal.

"Kami akan memulai dengan mengubah armada operasional kami dengan 214 sepeda motor listrik dan 100 mobil listrik, yang akan mengurangi dampak emisi karbon dari aktivitas terkait mobilitas pekerjaan secara signifikan," kata Hoerry.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves, Nani Hendiarti, mengapresiasi AstraZeneca atas pendekatan visi mereka terhadap keberlanjutan lingkungan, dan dalam mengurangi emisi karbon perusahaan.

“Upaya ini selaras dengan visi pemerintah untuk mengurangi emisi karbon demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Saya berharap hal ini menjadi teladan bagi pelaku sektor kesehatan lainnya untuk peduli pada lingkungan dan alam,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat