androidvodic.com

Tips Pilih Ban Motor yang Aman Digunakan Saat Musim Hujan - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Memasuki musim hujan pada akhir 2023, para pemilik sepeda motor harus lebih waspada saat berkendara.

Hujan bisa menyebabkan jalanan menjadi licin dan berpotensi pada kejadian yang tidak diinginkan.

Saat musim hujan, memperhatikan kondisi sepeda motor juga wajib dilakukan, utamanya pada komponen ban.

Baca juga: Pelumas Buatan Anak Bangsa Ini Kembali Raih Indonesia Original Brand 2023

Dealer Wahana Honda, menyarankan saat musim hujan sebaiknya memilih ban dengan model kembangan atau motif rapat atau ban yang memiliki teknologi silica maupun ban standar pabrikan.

Berikut kelebihan masing-masing dari ban yang cocok untuk dipilih saat musim hujan:

1. Ban dengan Motif Rapat

Motif pada ban berguna untuk ‘memecah’ air ketika pengendara menerjang genangan akibat hujan, sehingga motor bisa tetap stabil jika melewati genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras.

Ketika melihat jalanan dengan aliran air yang deras, sebaiknya pengendara menghindar. Meski motor memiliki ban dengan Kembangan atau motif rapat, potensi risiko motor terguling dan akhirnya terseret arus akan lebih besar.

Semakin rapat kembangan, maka semakin tinggi kemampuan ban untuk membuang air yang dilalui di jalan. Dengan demikian, daya cengkram ban terhadap aspal pun bertambah kuat.

2. Ban Berteknologi Silica

Ban yang memiliki teknologi silica juga mampu mencengkram permukaan jalan dengan kuat. Oleh karena itu, ban ini dianggap aman digunakan ketika berkendara melalui jalanan yang licin dan basah akibat hujan.

Pengendara juga bisa terhindar dari selip ketika sedang berbelok atau menikung. Menariknya, kehadiran silica ini mampu membuat ban 80 persen lebih awet.

3. Ban Standar

Tetap menggunakan ban standar pabrikan menjadi cara paling simple untuk menghadapi musim hujan.

Hal ini dikarenakan, pabrik ban di Indonesia biasanya sudah menyesuaikan produksi dengan kondisi jalanan di tanah air, termasuk ketika hujan.

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kedalaman kembangan pada ban, sebab jika sudah tipis ban tetap harus diganti, demi keselamatan berkendara. Pastikan juga ban telah memiliki tekanan angin yang tepat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat