androidvodic.com

Sopir Truk Keluhkan Maraknya Pemalakan di Ruas Muara Enim Sumsel, Bawa Senter dan Meminta Paksa - News

News - Para sopir truk angkutan barang lintas provinsi mengeluhkan maraknya aksi pemalakan oleh preman terhadap para sopir truk di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Aksi pemalakan terhadap sopir truk angkutan barang ini dilakukan berjamaah, berderet di titik ruas jalan tertentu di wilayah kabupaten ini.

Salah satu aksi pemalakan yang dikeluhkan para sopir truk adalah di Desa Lambur, Tanjung Agung, Muara Enim.

Mereka bergerombol dan sengaja berdiri di tengah jalan untuk menghadang truk-truk yang melintas untuk dimintai upeti berupa uang tunai sejumlah tertentu.

Pemalakan oleh para preman ini, per orang biasanya meminta Rp 2.000. Nilainya memang kecil, namun para pelaku aksi premanisme ini jumlahnya banyak.

Para preman ini umumnya menggunakan senter dan diarahkan ke truk yang akan dipalak.

Aksi pemalakan ini sudah dikeluhkan sejak lama terjadi di Sumatera Selatan dan membuat uang saku sopir yang diberikan majikan pemilik truk untuk bekal perjalanan mengantar barang ke tujuan, termasuk membeli BBM, habis di tengah jalan.

Para pemalak ini mencegat truk sambil mengacungkan tangan mereka ke arah pengemudi truk dan meminta uang.

Jika tidak diberi uang, biasanya mereka mengancam akan memecah kaca truk atau melukai pengemudi.

Baca juga: Masih Misterius, di Tangan Owner ke Berapa Bodi Bus Maut PO Putera Fajar Dirombak Jadi Jetbus 3 SHD

Sebuah postingan video di akun Instagram @romansasopirtruck menggambarkan tayangan live aksi pemalakan di Desa Lambur, Tanjung Agung Muara Enim.

Menurut unggahan tersebut, aksi pemalakan ini tidak berani mereka lakukan terhadap bus-bus antar kota yang melintas maupun terhadap mobil pribadi.

Baca juga: Selain Operasi Wajah dari Model Discovery Jadi Jetbus 3, Bus Maut Subang Juga Diubah ke High Decker

Truk dipalak preman OK
Chat keluhan sopir truk angkutan barang terhadap aksi pemalakan di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Berikut caption pada unggahan video tersebut:

Sumsel lagi!
Sudah seperti pekerjaan tetap buat mereka.

Seorang netizen mengirimkan video tentang aksi pungli terhadap mobil angkutan barang yang terjadi di Desa Lambur, Tanjung Agung, Muara Enim, Sumsel.

Video ini direkam pada malam Minggu kemarin(11/05/25). Terekem dalam video segerombolan orang malas yang berada ditengah jalan mencegat truk sambil mengacungkan tangan meminta uang ke sopir truck yang melintas.

Satu titik paling dikit ada 15 orang, per orang ngasih 2000 rupiah, dikali 15 orang, udah ketahuan 30ribu rupiah. Padahal menurut pengirim video, tidak hanya di tempat itu saja aksi punglinya. Misal tidak diberi, ancamannya ya pecah kaca.

Harap dicatat ya, mereka berani malak seperti itu hanya ke sopir² truck, sopir angkutan barang. Kalo malak ke sopir bis atau mobil pribadi, mereka gak berani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat