androidvodic.com

Tips Mudah Mengganti Ban Bocor Pakai Ban Serep di Mobil - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Ban serep memiliki peranan penting saat mobil mengalami keadaan darurat, seperti ketika mengalami ban kempes atau bocor di perjalanan.

Namun banyak pemilik mobil kendaraan yang tidak mengetahui cara mengakses komponen penting ini. Pada SUV Hyundai Creta, posisi ban serep terletak di bagasi belakang.

Untuk membuka dan menggunakannya tinggal mengangkat cover dan meletakkannya secara miring pada slot yang telah disediakan.

Langkah selanjutnya, dapat memutar pengunci di bagian tengah ke arah berlawanan jarum jam. Lalu, angkat ban serep keluar mobil dan siap untuk pergantian di posisi ban yang mengalami masalah.

"Ban serep menjadi salah satu komponen krusial dalam situasi darurat di jalan dan kami ingin memastikan penggunaannya dilakukan dengan tepat dan efisien," kata Chief Operating Officer Hyundai GOWA Ferry.

Bagi Tribunners yang akan mengganti ban yang bermasalah atau bocor dengan ban serep secara mandiri, berikut panduan mudahnya:

1. Parkir mobil dengan aman, matikan mesin mobil, letakkan tanda peringatan dan siapkan alat-alat yang diperlukan.

2. Kendurkan baut ban yang bermasalah tadi secara bersebrangan dengan menggunakan kunci roda.

3. Tempatkan dongkrak pada titik yang tepat dan angkat mobil hingga ban terangkat dari badan jalan.

Baca juga: Jangan Lupa Bersihkan Kaliper Setiap Selesai Ganti Kampas Rem

4. Lepaskan semua baut ban yang bocor atau kempis tadi dengan hati-hati.

5. Pasang ban serep dan kencangkan baut ban. Lalu turunkan dongkrak, hingga ban kembali menyentuh badan jalan. Setelah itu, kencangkan baut ban cadangan secara optimal.

Baca juga: Bisa Picu Baret, Ini Tanda Wiper Mobil Wajib Diganti

6. Setelah selesai, rapikan semua peralatan dan simpan ban yang bermasalah di tempat ban serep Hyundai Creta tadi, lalu putar kuncian searah jarum jam hingga kencang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat