androidvodic.com

Karet Sintetis Baru Bikin Ban Lebih Mencengkeram di Jalan Basah, Lebih Stabil Saat Cornering - News

News, JAKARTA - Material karet sintetis sudah sejak lama diaplikasikan pada komponen ban, baik ban mobil maupun sepeda motor.

Penggunaan karet sintetis ini mengurangi ketergantungan pada karet alam yang pasokannya semakin terbatas.

Di ban sepeda motor, pabrikan ban Tanah Air juga sudah mengaplikasikan karet sintetis.

Baca juga: Begini Wujud Protipe Motor Berbahan Bakar Hidrogen Bikinan Kawasaki. Nol Emisi!

PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) antara lain mengaplikasiannya pada seri ban motor terbaru Ultimate Gen-2 yang merupakan bagian dari line up FDR Ultimate. Ban ini dipajang di pameran Pekan Raya Jakarta 2024 di JExpo Kemayoran, Jakarta.

Zandhy Utama, Direktur Marketing PT SRI, produsen ban FDR mengatakan, ban ini menggunakan material kompon yang berbeda dari seri lainnya, yaitu menggunakan New Synthetic Rubber.

"Kompon ini memiliki karakteristik high styrene dan high vinyl untuk meningkatkan daya cengkeram di jalan basah (wet grip)," ujarnya dikutip Rabu, 19 Juni 2024.

Selain itu, penggunaan komponen kompon ini juga memberikan kestabilan atau stiffness pada ban saat digunakan pengendara saat menikung atau cornering.

Dengan demikian, sensasi riding menjadi lebih nyaman berkat profil ban yang lebih bulat.

“Perbaikan radius ini mempengaruhi kemampuan menikung ban dari generasi sebelumnya sehingga pengendara motor bisa melakukan cornering dengan maksimal,” kata Zandhy.

Dia menjelaskan, SRI sudah memproduksi ban ini dan akan mulai meniagakannya di pasar nasional pada pertengahan semester 2 atau sekitar bulan Agustus 2024 ini.

Baca juga: Kawasaki Rilis Motor Trail KLX Series Terbaru, Begini Tampilan dan Fitur-fiturnya

Ukuran yang diproduksi adalah 120/70-13 dan 140/70-13. Kemudian pada akhir 2024 pihaknya akan menambah 2 ukuran baru di seri ini masing-masing 150/70-14 TL dan 120/70-15 TL.

“Kami luncurkan dua ukuran ini karena banyaknya permintaan untuk ban ukuran motor matic premium yang dapat melakukan cornering,” kata Zandhy.

Selama penyelenggaraan PRJ 2024 yang berlangsung hingga 14 Juli 2024, pihaknya memajang seluruh varian ban motor FDR, mulai dari ban harian seperti Genzi Pro, Flemmo, Sport XR Evo, serta ban harian dengan kompon intermediate yang lebih nge-grip seperti FDR Ultimate Velogrip dan Hover.

Pihaknya juga memasarkan ban balap FDR Champion di booth di Hall A 17B. Di pameran ini pihaknya juga menyediakan Service Car di area luar untuk pemasangan ban.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat