androidvodic.com

Bedah Teknologi YECVT di Yamaha Nmax Turbo, Perawatan Lebih Gampang Atau Lebih Susah? - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Yamaha Nmax 'Turbo' yang resmi diniagakan di pasar Indonesia pekan lalu memiliki perbedaan mendasar pada sisi teknologi CVT-nya dengan Nmax yang selama ini beredar.

Pada Yamaha Nmax 'Turbo', Yamaha mengaplikasikan teknologi baru yang disebut Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT).

Ferry Nurul Fajar, Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, penggunaan teknologi YECVT di Nmax 'Turbo' menggantikan sistem CVT konvensional yang selama ini ada.

"Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal," kata Ferry di acara workshop dengan media membedah teknologi Yamaha Nmax 'Turbo' di Yamaha Mekar Cibinong, Jumat, 21 Juni 2024.

Baca juga: Wartawan Media Online Jadi Korban Pencurian Motor di Daerah Duren Sawit, Satu Unit Yamaha NMAX Raib

Ferry menjelaskan, YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa sensor yang memiliki empat fungsi.

Keempat fungsi dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)

2. ECVT Motor : menggerakan Pulley Primary

3. Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)

4. Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

Kompenen penggerak YECVT terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun.

Ferry menjelaskan, pully di Nmax 'Turbo' juga di desain lebih besar berukuran 10 milimeter. Sementara, dimensi V-belt juga dideain lebih lebar 0,8mm dari V-belt pada Nmax model sebelumnya.

Selain itu, komponen Spring Secondary juga lebih panjang serta dan dirancang lebih keras pada area CVT NMAX 'Turbo' demi mendapatkan akselerasi motor yang lebih responsif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat