androidvodic.com

Ajak Anak untuk Menjaga Lingkungan Sejak Dini dengan Memilah Sampah - News

Parapuan.co – Perayaan Hari Anak Nasional seringkali dilakukan dengan berbagai seremoni. Salah satunya dengan mengajarkan mereka tentang menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk memperingati Hari Anak Nasional 2021, Waste4Change menyeleggarakan webinar bertema 'Ajak Anak Pilah Sampah, Yuk!' pada Jumat, 23 Juli 2021. 

Dalam webinar tersebut, Novrizal Tahar selaku Direktur Pengelolaan Sampah KLH RI mengatakan bahwa anak perlu diajarkan rasa tanggung jawab terkait sampah bahkan sejak dini.

“Ada dua hal yang perlu saya sampaikan. Pertama, kita harus membangun literasi baru pada anak bahwa sampah menjadi tanggung jawabku,” ujar Novrizal.

Literasi ini bertujuan agar anak memiliki kesadaran dan kepedulian akan lingkungan mereka.

Menumbuhkan tanggung jawab sejak kecil juga dapat menyadarkan anak untuk meminimalisir penggunaan sampah khususnya sampah plastik sekali pakai.

“Kemudian yang kedua, ini menyangkut budaya kultur. Jadi kita harus membangun budaya hidup minim sampah sejak dini,” tambahnya.

Pada poin kedua, terdapat beberapa upaya yang perlu dilakukan saat mengajarkan anak untuk meminimalisir sampah

Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, berbelanja tanpa plastik, memilah sampah di rumah, dan mengajarkan anak menghabiskan makanan dapat meminimalisr sampah

Baca Juga: Masih Berusia 16 Tahun, Roslinda Terima Anugerah KPAI sebagai Anak Inspiratif


Novrizal juga mengatakan bahwa sisa makanan dapat memengaruhi jumlah sampah yang dihasilkan.

“Mengingat Indonesia berada di nomer dua food waste, kalau makanan habis kan bisa mengurangi sampah organik, terlebih jika tercampur dengan sampah plastik,” imbuhnya.

Sedangkan untuk sampah sisa makanan seperti kulit buah, akan lebih baik jika diubah menjadi kompos. Menurutnya, sampah yang awalnya memiliki bau tak sedap bisa berubah menjadi tanaman yang indah. 

Terkini Lainnya

  • Mengajarkan anak untuk mulai memilah sampah sejak dini dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan bumi di masa depan.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat