androidvodic.com

Cara Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Cek Akreditasi hingga Lokasi - News

Berikut ini Cara Memilih Perguruan Tinggi Swasta, Cek Akreditasi hingga Lokasi

News - Seleksi SBMPTN telah usai dilaksanakan.

Banyaknya persaingan serta terbatasnya kapasitas masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) membuat calon mahasiswa harus memikirkan alternatif lain untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi.

PTS atau Perguruan Tinggi Swasta yang berada di dalam negeri bisa menjadi pilihan yang dapat ditempuh.

Meski banyak anggapan bahwa PTS kurang bersaing, namun dalam kenyataannya banyak PTS yang memiliki jurusan dengan kualitas yang tidak kalah dengan PTN.

Memilih strategi yang tepat dapat membuat calon mahasiswa dapat memperoleh jurusan di PTS yang menjanjikan dan menjamin mutu pendidikan hingga jenjang karir yang menggiurkan.

Berikut ini tips memilih Perguruan Tinggi Swasta yang Tribunnews rangkum dari berbagai sumber.

1. Akreditasi

Hal pertama yang harus dilihat adalah akreditasi pada sebuah PTS tersebut.

Akreditasi merupakan standar ditentukan pemerintah untuk menunjukkan kualitas perguruan tinggi.

Dalam sistem akreditasi, ada tiga tingkat yang harus diketahui, yaitu akreditasi A (sangat baik), akreditasi B (baik), dan akreditasi C (cukup).

Calon mahasiswa bisa melihat peringkat akreditasi kampus di laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dalam memilih dan mendaftan perguruan tinggi swasta juga harus berhati-hati, karena setiap jurusan memiliki akreditasi yang berbeda beda.

Ada baiknya memastikan akreditasi jurusan yang dipilih juga bagus karena hal tersebut turut memengaruhi kemudahan dalam mencari pekerjaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat