androidvodic.com

Salut! Mahasiswa UMN Raih Gelar Duta Bahasa Banten Tiga Tahun Berturut-turut - News

Selama tiga tahun berturut-turut, Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) meraih gelar terbaik I Duta Bahasa Provinsi Banten. Tahun ini, gelar tersebut diraih oleh Habel Elia Natanael Santoso.

 Saat diwawancarai, Habel mengungkapkan dirinya sangat bersyukur dapat mengemban tugas yang luar biasa.

 “Saya sangat senang dan bersyukur. Ini merupakan sebuah anugerah dan kesempatan, bisa mengemban tugas yang luar biasa, yaitu menjadi Terbaik I Duta Bahasa Provinsi Banten 2019,” ungkap Habel.

 Unggul dari keempat puluh finalis lainnya, Habel akan melanjutkan kompetisi di Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2019 bersama pasangannya Helena Setya Utami selaku Terbaik I kategori Putri pada Agustus mendatang.

 “Selain menyiapkan diri menuju tingkat nasional, saya bersama pasangan saya akan membantu Kantor Bahasa Banten untuk melakukan program kerjanya. Di samping itu, kami juga ingin melakukan sebuah gerakan berbahasa yang nantinya akan segera dilaksanakan,” jelas mahasiswa Strategic Communication UMN ini.

 Terpilihnya Habel sekaligus menambah panjang daftar mahasiswa UMN yang diutus ke Pemilihan Duta Bahasa Nasional selama tiga tahun berturut-turut. Tahun sebelumnya, mahasiswa Jurnalistik UMN Wirawan juga menjadi perwakilan Banten di tingkat nasional. Pada 2017, mahasiswi Jurnalistik UMN Diana Valensia yang terpilih menjadi utusan provinsi Banten.

 Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019 berlangsung pada Sabtu-Minggu, 15-16 Juni 2019 di Hotel Puri Kayana, Kota Serang. Setiap peserta terpilih sudah melalui berbagai rangkaian tahapan: seleksi administrasi, pengumpulan berkas dan karya tulis di tahapan awal, dilanjutkan dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan serangkaian tes lain; Uji Wawasan Kebahasaan, Uji Wawasan Berbahasa Asing, Uji Wawasan Kebudayaan Banten, wawancara, presentasi program kebahasaan, hingga unjuk bakat.

Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Banten, sebuah unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud. Duta Bahasa terpilih diharapkan mampu menjadi pelopor pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik. Tidak hanya itu, Duta Bahasa juga diharapkan mampu memberikan kampanye tentang literasi dan pelestarian bahasa daerah.

Tahun ini, UMN mengirimkan lima mahasiswa untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019, diantaranya Habel Elia, Angelia Rosta, Ruben Irwandi, Edeline Michelle Damayanti, dan Evelyn Saraswati Hutani. Selain Habel yang terpilih menjadi Terbaik I Putra, Angelia Rosta juga terpilih menjadi Terbaik III Putri. Ruben dan Edeline berhasil tembus ke babak lima besar, serta Evelyn berhasil berjuang hingga di babak sepuluh besar.

Wah, kelima-limanya mampu mengukir prestasi. Proficiat!(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat