androidvodic.com

Dies Natalis Politeknik Ketenagakerjaan: Paradigma Baru Pembangunan SDM Vokasi di Era New Normal - News

News, Jakarta - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Ketenagakerjaan 2020/2021 mengangkat tema “Paradigma Baru Pembangunan SDM Vokasi di Era New Normal”.

Kegiatan kuliah umum, menjadi satu dari tiga kegiatan yang ada dalam rangkaian Dies Natalis ke-3 Politeknik ketengakerjaan yang digelar akhir pekan ini. 

Kegiatan ini selain dihadiri oleh pejabat dilingkungan Kementerian Ketenagakerjaan juga dihadiri oleh pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia, perwakilan dari perusahaan yang tergabung di kawasan industri EJIP dan Perwakilan HR (Human Resources) dari berbagai perusahaan. 

Sebelum memulai acara kuliah umum terlebih dahulu laporan penyelenggaraan oleh Plt. Direktur Politeknik Ketenagakerjaan Elviandi R.S, S.E., M. Hum., Ph.D, hal-hal yang disampaikan yaitu (1) Kegiatan kuliah umum virtual merupakan kegiatan Pertama dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 3 Poltenaker; (2) Webinar Nasional dan (3) Seminar Ketenagakerjaan serta beberapa kegiatan lainnya dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke-3. 

Saat ini, merupakan momentum perubahan Polteknaker, langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan yaitu mengacu dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.(1) Standar Pendidikan, telah dilakukan reviev kurikulum dg berbagai stakeholder spt akademisi, praktisi, dan dunia industry; (2) Standar Penelitian, telah didorong para dosen melakukan program capacity building berkaitan dengan pubilkasi dan penulisan karya ilmiah agar dosen lebih produktif dan kreatif;  (3) Standar Nasional PKM, telah mendorong dosen dan mahasiswa unttuk terus aktif berkontribusi dlm kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

Pada November Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) akan meluluskan 30 mahasiswanya. Harapannya, seluruh mahasiswa telah terserap di pasar kerja, untuk itu upaya-upaya terus di tempuh agar seluruh mahasiswa yang akan lulus nantinya sukses belajar dan sukses karir/bekerja.

Empat Tantangan

Kegiatan kuliah umum ini dibuka oleh Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, Ph.D. Dalam pembukaannya, ada 4 tantangan dalam era new normal yaitu: (1) Tantangan perubahan revolusi indostri 4.0, harus mampu beradaptasi dgn teknologi; (2) Tantangan bonus demografi, angkatan kerja milenial harus mempersiapkan skils yg spesifik, (3) PT Vokasi khususnya Polteknaker harus mampu mensinergiskan dgn kebutuhan pasar kerja dan (4) Tantangan era new normal, transformasi metode pembelajaran. 

Dari hal-hal di atas, solusi atau cara yang dapat dilakukan yaitu (1) Review metode pembelajaran; (2) Harus ada konsep yg jelas dalam pemagangan, mahasiswa harus lebih dilibatkan dalam pemagangan; (3) Skenario upgrading untuk seluruh proses sistem pembelajaran (4) Lakukan langkah-langkah yang terukur dan cepat, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. 

Melalui sambungan virtual, Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, Ph.D mengucapkan selamat atas Dies Natalis ke -3 Politeknik Ketenagakerjaan

Narasumber Dra.Haiyani Rumondang, M.A. selaku Plt. Dirjen PHI dan Jamsos berharap dengan tema “Paradigma Baru Pembangunan SDM Vokasi di Era New Normal” menjadi pengetahuan baru dan dapat menyerap materi kuliah umum dengan baik.

Dari tema yang diangkat Narasumber berharap  pada  mahasiswa harus mempunyai inovasi dan kreatifitas pada saat mengikuti perkuliahan, tantangan revolusi industri 4.0, mahasiswa harus mampu berdaya saing. 

Berkaitan dengan UU CK (Cipta Kerja) mahasiswa diminta tidak ikut-ikutan demonstrasi dan justru dapat memberikan pesan positif kepada publik dari adanya UU CK tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat