androidvodic.com

Perkuat Kerjasama, UPN Veteran Yogyakarta Adakan Seminar Online dengan Universitas Rusia - News

News, YOGYAKARTA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dan Tomsk State University (TSU) Rusia memperkuat kerja sama pendidikan dengan menggelar seminar internasional online bersama, Kamis (27/5/2021).

Kegiatan yang difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia ini sekaligus sebagai ajang perayaan ulang tahun ke-71 hubungan bilateral Indonesia-Rusia. 

Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Jose Tavares dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini digelar dalam merayakan 71 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia, sekaligus realisasi kerja sama antara UPNVY dan TSU.

Di Rusia, kata dia, TSU dikenal sebagai universitas tingkat dunia yang kompetensi pendidikannya mumpuni.

Kerja sama yang kuat antara kedua universitas diharapkan menghasilkan banyak keuntungan di berbagai bidang ke depannya.

"Diharapkan kegiatan seminar ini bisa menjadi media untuk menambah ilmu bagi seluruh partisipan," terang dia, dalam keterangan tertulis, yang diterima News, Sabtu (29/5/2021).

Baca juga: BKN Tindaklanjuti Temuan 97 Ribu PNS Misterius di PUPNS Tahun 2015

Sementara itu Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nizam dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan ini, dia kembali memperkenalkan kebijakan Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) yang diusung pemerintah Indonesia. 

"Seperti kita ketahui sangat penting mengembangkan teknik pembelajaran tidak hanya dari satu kampus tetapi juga perlu menerima ilmu dari berbagai kampus lainnya atau di luar kampus, hal tersebut sesuai dengan program yang sedang dicanangkan yaitu Kampus Merdeka," papar Nizam.

Diharapkan dengan kebijakan ini, lanjut dia, lulusan universitas lebih mudah dapat beradaptasi di era industri 4.0.

Lebih lanjut, Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi  mengungkapkan telah menjalin persahabatan dengan universitas Rusia sebelumnya.

"Dulu, universitas kami bekerja sama dengan mitra dari Rusia. Kami telah menjadi tuan rumah bagi siswa Rusia untuk belajar di universitas kami untuk mempelajari budaya Indonesia. Baru tahun lalu, kami mengundang Duta Besar Rusia untuk Indonesia untuk memberikan kuliah di universitas kami," papar dia.

Dalam perayaan HUT ke-71 hubungan bilateral Indonesia-Rusia, UPNVY berharap dapat mengambil peran dalam kerja sama di masa depan.

"Saya percaya bahwa acara hari ini hanyalah sebuah permulaan. Saya berharap webinar ini membuka jalan menuju terciptanya proyek bersama lebih lanjut," terang Irhas. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat