androidvodic.com

Pengertian Debat Lengkap dengan Ciri-ciri, Unsur hingga Tata Cara Pelaksanaan Debat - News

News - Simak pengertian debat lengkap dengan ciri-ciri, unsur, hingga tata cara pelaksanaan.

Adanya dua sudut pandang merupakan satu dari beberapa ciri debat.

Selain ada dua kelompok yang memiliki sudut pandang berbeda, dalam debat juga terdapat tim netral, moderator, dan penulis atau notulen.

Tugas dari moderator dalam debat yakni membantu jalannya berdebatan, sedangkan notulen bertugas menulis kesimpulan suatu debat.

Debat juga mempunyai manfaat, yakni untuk melatih mental dan keberanian hingga melatih sikap kritis.

Lantas, apa itu debat?

Ilustrasi Pelaksanaan Debat.
Ilustrasi Pelaksanaan Debat. Dalam artikel mengulas tentang pengertian debat lengkap dengan ciri-ciri, unsur hingga tata cara pelaksanaan debat(Istimewa)

Baca juga: Jenis-jenis Tempo pada Lagu dan Contohnya: Ada Tempo Cepat, Sedang, dan Lambat

Pengertian Debat

Secara umum, debat merupakan kegiatan yang mengadu argumentasi antara dua pihak atau lebih bersifat perorangan maupun kelompok, bertujuan mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), debat adalah pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Sementara itu, menurut G. Sukadi, debat ialah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan, sebagaimana dilansir Buku Pembelajaran SMA Bahasa dan Sastra Indonesia di laman resmi Kemdikbud.

Ciri-Ciri Debat

Berikut ini ciri-ciri debat:

- Terdapat 2 sudut pandang yaitu afirmatif atau pro (pihak yang menyetujui topik) dan negatif atau kontra (pihak yang tidak menyetujui topik).

- Adanya proses saling mempertahankan pendapat antara kedua belah pihak.

- Adanya adu argumentasi yang bertujuan untuk memperoleh kemenangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat