androidvodic.com

Cegah Learning Loss, Pemanfaatan Teknologi Optimalkan Pembelajaran Tatap Muka - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Selama dua tahun terakhir, kehilangan pembelajaran atau learning loss telah memicu penurunan capaian belajar.

Subkor Peserta Didik & Pembangunan Karakter (PDPK) Bidang SMP & SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Horale Tua Simanullang, mengatakan Pemerintah mendorong pemulihan pembelajaran lewat teknologi.

"Sebagai upaya agar kita bisa bangkit dari learning loss, pemerintah terus melakukan penyesuaian kebijakan dan mendorong dukungan masif dari berbagai pihak dalam rangka pemulihan layanan pendidikan," ujar Horale melalui keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

"Saat ini sebagian besar sekolah telah melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen dan kami terus mendorong proses belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," tambah Horale.

Baca juga: Moeldoko Apresiasi PKBM Bantu Pemerintah Urai Permasalahan Pendidikan

Hal tersebut diungkapkan oleh Horale dalam konferensi pers bertema "Jadi Lebih Siap Hadapi Tahun Ajaran Baru dengan Quipper”.

Sementara itu, Kepala Sekolah dan & Ketua Yayasan Pangudi Luhur Bernadus Cikarang, Bruder Paulus Sumarno, mengatakan penggunaan teknologi untuk membantu KBM sudah diterapkan sejak awal pandemi.

Salah satunya dengan penggunaan learning management system seperti Quipper School Premium.

"Ke depannya, penggunaan teknologi ini akan terus kami maksimalkan meskipun pembelajaran sudah diterapkan tatap muka 100 persen," ucap Paulus.

Quipper menyambut awal tahun ajaran baru 2022/2023 dengan penambahan materi dan fitur baru, pemutakhiran aplikasi, dan memperkenalkan figur inspiratif sebagai ‘Teman Belajar Quipper’.

Head of Marketing Quipper Indonesia, Dedy Purwanto menyampaikan di awal tahun ajaran baru ini Quipper mengusung campaign #JadiLebihSiap untuk menambah semarak momen kembali ke sekolah.

“Quipper ingin hadir di setiap momen belajar siswa, baik yang sedang beradaptasi dengan pembelajaran tatap muka, mempertahankan prestasi belajar, hingga mengantarkan mereka meraih sekolah maupun kampus impian lewat teman belajar figur inspiratif serta penambahan sejumlah fitur dan materi baru,” jelas Dedy.

Untuk tambahan materi baru, Quipper mengumumkan Paket Intensif SIMAK UI, Quipper Video After School, Quipper Video English, serta dilengkapi fitur baru seperti Tes Kesiapan Belajar, Tes Uji Potensi, Profil Belajar, Prestasi Belajar, Forum Diskusi, Koin & XP, Live Class, dan Virtual Coaching.

Hanani Faiza, Quipper Video Masterclass Manager mengatakan kenyamanan dan kebutuhan belajar siswa selalu menjadi prioritas Quipper untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas.

Baca juga: PNM PKU Menggelar Webinar SDGs Pendidikan Berkualitas kepada Wanita Ultra Mikro

Quipper menambah fitur dan materi baru secara berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

“Masing-masing materi dan fitur memiliki tujuannya tersendiri, seperti materi Kurikulum Merdeka untuk menunjang siswa yang telah mengikuti implementasi kurikulum tersebut di sekolah, lalu Quipper Video English yang fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris di luar kurikulum sekolah," jelas Hanani.

Saat ini, Quipper juga telah tersedia untuk pengguna iOS dan dapat diakses melalui perangkat smartphone atau desktop.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat