androidvodic.com

UIN Raden Mas Said Surakarta Raih Penghargaan PTKI dengan Kelembagaan PGSA Terbaik Tahun 2022 - News

News - Sebuah prestasi berhasil ditorehkan oleh UIN Raden Mas Said Surakarta yang mendapat penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender atau PTRG Award dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Gelaran PTRG Award ini berlangsung sejak 15 - 17 November 2022 di UIN Raden Fatah Palembang.

PTRG Award ini mengangkat tema “Meneguhkan Peran Pusat Studi Gender dan Anak serta Ulama Perempuan dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan Keagamaan”

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama juga memberikan penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender atau PTRG Award, kepada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang dianggap telah mengoperasionalkan indikator perguruan tinggi responsif gender dengan baik di lembaganya.

Perlu diketahui, indikator PTRG sendiri terdiri dari operasionalisasi kebijakan kelembagaan, tridharma perguruan tinggi, tata Kelola kelembagaan, perencanaan dan penganggaran yang responsif gender, serta penciptaan zero tolerance pada semua bentuk kekerasan di perguruan tinggi.

Dari 927 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, selanjutnya diseleksi dan dipilih 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang dianggap layak menjadi nominator penerima penghargaan perguruan tinggi responsif gender.

11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tersebut kemudian diminta mempresentasikan strategi operasionalisasi indikator PTRG di hadapan tim juri PTRG Award pada tanggal 15 November 2022.

UIN Raden Mas Said Surakarta   PTRG Award Tahun 2022.ss
Foto dokumentasi saat UIN Raden Mas Said Surakarta berhasil memperoleh penghargaan sebagai PTKI dengan Kelembagaan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Terbaik Tahun 2022 pada PTRG Award Tahun 2022.

Baca juga: PSGA UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Workshop Integrasi Gender Sosial Inklusi dalam Pendidikan

UIN Raden Mas Said Surakarta pun menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang lolos menjadi nominator penerima penghargaan perguruan tinggi responsif gender.

Hingga akhirnya UIN Raden Mas Said Surakarta berhasil memperoleh penghargaan sebagai PTKI dengan Kelembagaan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Terbaik Tahun 2022 pada PTRG Award Tahun 2022.

Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta Prof. Dr. Mudofir, S.Ag., M.Pd memberikan apresiasinya atas capaian prestasi tersebut.

Mudofir menyebut prestasi ini adalah sebuah moment of true yang harus terus dipertahankan dengan lebih baik lagi dan secara berkelanjutan.

Baca juga: PGSA UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Pelatihan Teknis Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

Agar nantinya masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya secara luas.

“Ini sebuah ‘moment of true’ untuk terus dipertahankan secara lebih baik lagi dan berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas," kata Mudhofir dalam keterangannya kepada News, Rabu (16/11/2022).

Mudofir menambahkan, ia juga mengapresiasi kerja programatik PSGA UIN RM Said Surakarta yang berbuah pada penghargaan PTRG Award Tahun 2022 ini.

"Saya mengapresiasi kerja-kerja programatik PSGA UIN RM Said Surakarta yang berbuah pada penghargaan prestisius ini," pungkasnya.

(News/Faryyanida Putwiliani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat