androidvodic.com

Kunci Jawaban IPS Kurikulum Merdeka Kelas 7 Halaman 109: Terumbu Karang - News

News - Berikut kunci jawaban materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kurikulum Merdeka kelas 7 atau 1 SMP halaman 109.

Kunci jawaban IPS Kurikulum Merdeka kelas 7 halaman 109 memuat soal essai tiga nomor.

Pada buku IPS Kurikulum Merdeka kelas 7 halaman 109, siswa diharapkan membaca dan memahami materi tentang terumbu karang.

terumbu karang (21/11/2022)
Kunci jawaban IPS kurikulum merdeka kelas 7 halaman 109 tentang terumbu karang.

Baca juga: Kunci Jawaban IPS Kurikulum Merdeka Kelas 7 Halaman 105: Merantau ke Malaysia

Soal

Kalian perlu ketahui, terumbu karang merupakan makhluk hidup. Terumbu karang dapat bertumbuh dan berkembang di lautan. Terumbu karang merupakan makanan, tempat berlindung, sekaligus tempat berkembang biak makhluk hidup yang ada di laut. Berbagai manfaat tersebut sangat memengaruhi kelangsungan ekosistem makhluk hidup di laut. Ternyata, terumbu karang banyak dirusak oleh manusia. salah satunya dengan penggunaan bom ikan Keserakahan manusia untuk mengekploitasi laut telah mengorbankan makhluk hidup lainnya. Berkenaan dengan hal tersebut, kalian perlu mencari informasi di internet, surat kabar, jurnal, buku atau dari nelayan sendiri dengan kata kunci “Terumbu Karang”. Sebelum mencari informasi mengenai terumbu karang, kalian perlu memperhatikan pertanyaan berikut.

  1. Bagaimana bentuk dari proses pembangunan keberlanjutan dalam mengelola sumber daya yang ada di laut?
  2. Bagaimana konsep pembangunan berkelanjutan dengan pelestarian terumbu karang?
  3. Bagaimana prediksi dari hasil temuan kalian mengenai konsep pembangunan keberlanjutan untuk masa depan maritim dan bahari Indonesia dari terumbu karang?

Jawaban

1. Dikutip dari kkp.go.id, pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan dilakukan dengan prinsip berkelanjutan yaitu menyeimbangkan kepentingan ekologi dan ekonomi untuk mewujudkan ketahanan pangan dan ketangguhan negeri.

Pengelolaan sumberdaya perikanan harus bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan tetap memperhatikan faktor kesimbangan lingkungan.

Proses pembangunan keberlanjutan dalam mengelola sumber daya yang ada di laut harus meliputi empat aspek untuk menjaga keseimbangan kelautan

  • Aspek biologi: Menjaga sumber daya perikanan dan kelautan untuk berkelanjutan produktivitasnya. 
  • Aspek lingkungan: Meminimalkan dampak penangkapan ikan terhadap lingkungan dan SDI termasuk untuk spesies non-target dan spesies yang dilindungi. Termasuk di dalamnya melakukan konservasi perairan.
  •  Aspek ekonomi: Menghasilkan keuntungan ekonomi yang optimal bagi pelaku usaha dan masyarakat serta menghasilkan penerimaan berkelanjutan bagi negara bukan hanya dari sektor perikanan tangkap melalui juga pariwisata yang berkesinambungan.
  • Aspek sosial: Memaksimalkan peluang kerja/mata pencaharian bagi nelayan dan masyarakat, memberdayakan perempuan serta menjaga harmoni antar stakeholder.

2. Sumber daya terumbu karang dan ekosistemnya merupakan kekayaan alam bernilai tinggi, sehingga diperlukan pengelolaan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Apalagi, terumbu karang merupakan rumah bagi 25 persen dari seluruh biota laut dan merupakan ekosistem di dunia yang paling rapuh dan mudah punah.

Karenanya, pengelolaan ekosistem terumbu karang demi kelestarian fungsinya sangat penting.

Fungsi terumbu karang diantaranya sebagai benteng alam yang menjaga pantai dan masyarakat pesisir dari erosi gelombang dan badai.

Terumbu karang juga berfungsi sebagai tempat bertelur, berkembang, mencari makan dan
berlindung lebih dari 2000 jenis satwa dan tumbuhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat