androidvodic.com

Materi Apresiasi Prosa, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 Kurikulum Merdeka - News

News - Berikut ini materi Apresiasi Prosa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Bab 6 membahas tentang materi Mengembangkan Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan.

Para siswa diminta untuk memahami materi Apresiasi Prosa tersebut.

Materi dalam artikel ini, dapat menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Apresiasi Prosa

Teks prosa dikenal juga dengan istilah fiksi atau prosa fiksi, karena teks prosa merupakan karya sastra dan kemunculannya pun sangat bergantung pada kondisi zaman.

Baca juga: Materi Soal Pembagian dengan Bilangan Satu Angka, Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Volume 1

Teks cerita pendek (cerpen) dan teks novel termasuk teks prosa modern yang diapresiasi oleh masyarakat sesuai zamannya.

Apresiasi prosa merupakan kegiatan bersastra untuk mengenali, menikmati, menghargai, menafsirkan dan mengevaluasi, serta mencipta dan membicarakan ataupun mempresentasikan prosa.

Kegiatan apresiasi prosa meliputi apresiasi reseptif dan apresiasi produktif.

Apresiasi prosa reseptif berkaitan erat dengan keterampilan (1) membaca atau memirsa teks prosa dan (2) menyimak teks prosa.

Sementara itu, apresiasi prosa produktif berkaitan erat dengan keterampilan (1) menulis teks prosa dan (2) berbicara atau mempresentasikan teks prosa.

Agar kompeten dalam mengapresiasi prosa, proses apresiasi prosa reseptif terlebih dahulu harus dilakukan kemudian apresiasi prosa produktif.

Langkah-langkah Apresiasi Prosa

1. Membaca karya prosa tersebut hingga dapat merasakan keterlibatan jiwa dengan apa yang disampaikan dan diceritakan pengarang;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat