androidvodic.com

Peringati Hardiknas, Nadiem: Mahasiswa Kini Bisa Melanglang Buana Cari Pengalaman di Luar Kampus - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan para mahasiswa kini bisa mencari pengalaman di luar kampus.

Menurut Nadiem, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mampu membantu mahasiswa berinovasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

"Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka," ujar Nadiem.

Selain itu, Nadiem mengungkapkan Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi.

Bahkan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Dirinya mengatakan Kemendikbudristek telah memberikan kemudahan dalam pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP.

Selanjutnya, adanya perluasan program beasiswa juga memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang menjadi jauh lebih terbuka.

"Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi," kata Nadiem.

"Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan," tambah Nadiem.

Turut hadir dalam upacara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 1993-1998 pada Kabinet Pembangunan VI, Wardiman Djojonegoro; dan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2004-2009, Kabinet Indonesia Bersatu, Bambang Sudibyo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat