androidvodic.com

500 Pelajar, Masyarakat, dan Pelaku Seni Budaya Semarakkan Karnaval Merdeka Belajar di Yogyakarta - News

News, YOGYAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar acara Karnaval Merdeka Belajar sebagai kegiatan pembuka dari rangkaian puncak kemeriahan perayaan Hari Pendidikan Nasional 2023.

Acara tersebut digelar di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta pada Minggu (28/5/2023) malam.

Karnaval kemudian mengarah ke Titik 0 Km Kota Yogyakarta, sebagai wajah silang budaya Nusantara dan lahirnya kota pendidikan pertama Indonesia.

Acara Karnaval Merdeka Belajar ini melibatkan 500 peserta yang terdiri atas pelajar, masyarakat, dan pelaku seni budaya yang berasal dari sanggar maupun asrama mahasiswa yang disebut barisan Indonesia Belajar.

Baca juga: Puncak Hari Pendidikan Nasional, Kemendikbudristek Gelar Karnaval Merdeka Belajar di Yogyakarta

Dalam kegiatan itu mereka menyuguhkan tampilan kreatif yang memadukan kreativitas tari, penataan cahaya, desain teknologi, musikalitas, berkaitan budaya.

Adapun koreografernya adalah koreografer-koreografer muda dari Yogyakarta.

Barisan Indonesia Belajar terdiri atas Indonesia Bergerak, Indonesia Serempak, dan Indonesia Semarak.

Untuk barisan Indonesia Bergerak, rombongan mengawali pergerakan dari Museum Benteng Vredenburg menuju ruas Jalan Marga Mulya (Malioboro Selatan).

Barisan ini menyuguhkan tampilan yang mengambil inspirasi 24 episode Merdeka Belajar yang dikemas dalam nuansa seni kerakyatan.

Baca juga: Implementasi Program Merdeka Belajar, ITK Jalin Kerja Sama dengan Kampus & Industri di Tiongkok

Barisan kedua yaitu Indonesia Serempak menghadirkan pertunjukkan di ruas Jalan Marga Mulya (Malioboro Selatan).

Rombongan ini kemudian menari serempak secara kolosal dengan koreografi dan musik yang sama memadukan ragam bunyi Nusantara.

Barisan ketiga adalah Indonesia Semarak.

Rombongan ini menghadirkan video mapping di Fasade Bank BNI 46 yang memadukan stage dan street performance sekaligus di Titik 0 Km Yogyakarta.

Masing-masing kelompok peserta karnaval menyajikan pertunjukkan dengan tema pendidikan Indonesia dari masa ke masa, hingga era Merdeka Belajar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat