androidvodic.com

Gagal UTBK-SNBT Bukan Jadi Penghalang, Alternatif Ini Bantu Kamu Meraih Mimpi - News

News - Para pejuang UTBK-SNBT kini tengah menunggu pengumuman hasil ujian mereka. Hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ini akan diumumkan pada 20 Juni 2023 mendatang. 

Tapi, apa kamu cukup percaya diri bahwa ujian yang sudah dikerjakan bakal membuahkan hasil yang terbaik? 

Untuk diketahui, UTBK-SNBT adalah salah satu jalan yang dapat ditempuh oleh lulusan SMA/SMK atau sederajat untuk mencapai impiannya berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Setiap tahunnya, ada jutaan calon mahasiswa mengikuti UTBK-SNBT untuk mengincar jurusan kuliah favorit di PTN yang tentunya dengan kuota yang sangat terbatas. 

Melansir dari laman SNPMB Kemdikbud, ada tiga materi yang diujikan dalam UTBK-SNBT, yakni Tes Potensi Skolastik, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. 

Tahun 2023, diketahui terdapat 1,2 juta orang yang memilih 192 PTN di Indonesia. Di mana, UTBK-SNBT diyakini menjadi peluang terbaik bagi calon mahasiswa karena kuota penerimaan minimum hanya sekitar 40 persen dari kapasitas setiap PTN. 

Sayangnya, jumlah kriteria dan kuota yang terbatas dari masing-masing PTN ini membuat peluang peserta untuk berhasil lolos pun terbatas. 

Oleh karena itu, biasanya calon mahasiswa yang belum lolos UTBK-SNBT akan membuat rencana alternatif lain. Beberapa rencana alternatif yang dilakukan, mulai dari menunda kuliah sampai dengan tahun ajaran berikutnya, hingga mencoba ikut Seleksi Mandiri dengan kuota yang lebih terbatas. 

Selain itu, alternatif lain yang lebih umum dilakukan adalah mencoba untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan program studi atau jurusan yang berkaitan. 

Mencoba alternatif lain dengan mendaftar di PTS

Cantik Febi Yolanda, mahasiswa semester dua di MNP
Cantik Febi Yolanda, mahasiswa semester dua di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) Jurusan Event Management. 

Dalam mengejar cita-cita, jalur UTBK-SNBT bukanlah jalan satu-satunya. Cukup banyak calon mahasiswa yang mempergunakan waktunya untuk mencoba mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menghadirkan program studi atau jurusan impian mereka. 

Salah satunya adalah Cantik Febi Yolanda, yang memilih untuk mengambil Jurusan Event Management di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) pada 2022 lalu. 

Perempuan lulusan SMA Unggulan CT Foundation, Medan, Sumatera Utara (Sumut) ini sedikit membagikan kisah uniknya dalam mendapatkan perguruan tinggi terbaik untuk mengejar cita-cita.

Pada tahun 2022, Cantik mengaku sempat mengikuti tes SNBT dengan memilih Jurusan Tata Rias di Universitas Negeri Medan. Saat itu, hasil SNBT yang didapat Cantik menunjukkan kalau dirinya berhasil diterima di kampus impiannya. Namun, pada akhirnya ia memutuskan untuk mengambil kuliah di MNP. 

“Sebenarnya aku tidak pernah mementingkan kampus mana yang aku dapatkan, baik itu negeri atau swasta. Tetapi aku lebih memilih kampus yang jurusannya prospektif atau tidak, dan ilmu serta insight yang didapat di jurusan itu juga yang terbaik atau tidak,” jelas Cantik. 

Ia pun menambahkan, berkuliah di PTN memang menjadi cita-citanya. Hanya saja, jika berkuliah di jurusan yang dipilih, ia mungkin hanya akan mendapatkan ilmu dari satu bidang yang sangat spesifik. Dengan demikian, ketika nantinya berkuliah dan lulus, tidak akan banyak insight dan pengalaman yang bisa didapat sesuai dengan passion-nya. 

“Kalau di MNP, aku mengambil Jurusan Event Management. Dari situ aku mendapat dua ilmu sekaligus nih. Selain make up aku juga bisa meng-organize suatu event, jadi, nantinya aku bisa mengaitkan skill yang aku punya dalam bertata rias dan meng-organize suatu event. Harapannya, aku bisa bikin wedding organizer sendiri,” ujarnya. 

Dapat beasiswa kuliah untuk peserta UTBK 

Telah menjalani dua semester di MNP, Cantik mengaku tidak merasa menyesal setelah dengan pilihannya. Meskipun banyak omongan datang dari teman-teman masa SMA dulu, ia sangat yakin bahwa pilihannya tidak mengambil perkuliahan di kampus negeri ini adalah yang terbaik.

Mahasiswa asal Medan ini juga menyampaikan pesan untuk para peserta UTBK-SNBT yang sedang berjuang dan menunggu hasil pengumumannya. Ia berpesan, untuk tidak pernah menyerah dan terus berjuang. 

“Selama kuliah di sini, aku malah merasa lebih seru. Nah pesan-pesanku untuk adik-adik yang sedang berjuang di SNBT, tetap semangat dan jangan lupa berdoa. Tetap berusaha, tapi jangan khawatir khawatir kalau nantinya enggak bisa lulus SNBT. Kalian bisa menyiapkan rencana alternatif karena ada juga kampus-kampus swasta yang juga memberikan banyak beasiswa,” katanya. 

“Contohnya di MNP, ada beasiswa untuk kalian yang menjadi peserta SNBT. Cukup tukarkan skor SNBT kalian untuk jadi beasiswa,” tutup Cantik.

Sebagai informasi, MNP adalah Perguruan Tinggi Vokasi yang menghadirkan tiga jurusan Sarjana Terapan, yakni Jurusan Digital Animation, Jurusan E-Commerce Logistics, dan Jurusan Event Management. Ketiganya merupakan jurusan yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan di bidang industri kreatif.  

Kampus Vokasi yang terletak di Gading Serpong, Tangerang ini menawarkan berbagai beasiswa. Beberapa beasiswa itu salah satunya dikhususkan bagi peserta UTBK-SNBP, yang bisa mendaftar dengan menukarkan skornya untuk mendapatkan potongan biaya uang pangkal 100 persen. 

Untuk informasi lebih lanjut, yuk kunjungi laman website MNP!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat