androidvodic.com

Fun Learning Berpadu Sensory Play TK PGRI Lengking: Tingkatkan Kreativitas dan Motorik Anak! - News

News - Mahasiswa dari Tim II KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) telah menghadirkan gelombang keceriaan dan kreativitas di TK PGRI Lengking. Melalui inovasi pendekatan Fun Learning yaitu dengan menggunakan sensory play, murid TK PGRI Lengking diajak untuk mengeksplorasi dunia melalui bermain yang mendukung perkembangan kreativitas dan sensorik motorik mereka. 

Perkembangan anak usia dini merupakan sebuah fase terpenting dalam tahapan perkembangan yang akan menjadi penentu bagi keberhasilan tahapan-tahapan perkembangan hidup selanjutnya. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang krusial adalah perkembangan kemampuan sensorik dan motorik. Perkembangan sensorik motorik sangat berperan sebagai fondasi bagi pemahaman anak terhadap lingkungannya serta bagaimana cara anak merespons dan berinteraksi dengan rangsangan indera. Keberhasilan perkembangan kemampuan anak pada tahapan ini akan membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang. Sebagai upaya mengoptimalkan perkembangan tersebut maka dibutuhkan pula stimulasi yang tepat.

 Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa pendekatan Fun Learning telah terbukti menjadi metode pembelajaran yang efektif, terutama bagi anak usia dini. Mahasiswa Tim II KKN UNDIP mengambil langkah lebih jauh dengan memadukannya dengan Sensory Play, sebuah konsep pembelajaran yang mengandalkan rangsangan indera seperti penglihatan, pendengaran, dan perabaan dalam aktivitas bermain. Sensory play berguna untuk membantu anak dalam menguasai kemampuan dasar seperti kemampuan berbahsa, pengendalian emosi dan kemampuan berhitung.

Kegiatan Fun Learning dengan Sensory Play yang diselenggarakan di TK PGRI Lengking oleh Mahasiswa TIM II KKN UNDIP yaitu dengan mewarnai aneka buah-buahan dengan alat pendukung lembar mewarnai dan juga krayon serta pensil warna. Aktivitas mewarnai merupakan salah satu bentuk Fun Learning yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat dalam mengembangkan kreativitas, keterampilan motorik halus, dan pemahaman konsep warna pada anak. Selain itu, aktivitas ini juga membantu mereka memahami konsep dan keterampilan baru. 

Sebagai bentuk apresiasi dan kenang-kenangan, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro memberikan TK PGRI Lengking buku mewarnai yang berisikan gambar menarik dan angka yang dapat diwarnai oleh para murid, selain itu diberikan pula booklet berisikan materi terkait Sensory Play untuk perkembangan motorik anak yang diberikan kepada guru TK PGRI Lengking. 

Melalui upaya kolaboratif ini, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP berharap dapat membantu menciptakan pengalaman menyenangkan yang dapat membantu meningkatkan kreativitas, menyediakan media untuk siswa-siswi belajar keterampilan baru, dan juga melatih motorik halus para murid.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat