androidvodic.com

Ubah Sampah Makanan Jadi Makanan Kucing, Siswa SMA Ini Raih Juara Critical Thinking Championship - News

News, JAKARTA - Dua siswa SMA, yakni Muhammad Ritzy (18 tahun) dan Sean Gaudi (16 tahun) menyabet gelar juara di kompetisi 3rd Critical Thinking Championship 2023.

Dua remaja itu berhasil menjadi juara setelah membuat project prototype bernama Ecopet Bites.

Lewat project ini, mereka berhasil mengubah food waste atau sampah makanan menjadi makanan kucing.

"Enggak nyangka bisa juara. Kami sudah berusaha berhari-hari, dan alhamdulillah bisa jadi juara 1," kata Ritzy dan Sean yang merupakan perwakilan kelompok 9.

Selain Ritzy dan Sean, kelompok 9 juga diperkuat oleh Enrashad Zhafran Adrian dan Sabil Arsyad.

Dalam penelitiannya mereka menemukan bahwa 50 persen masyarakat Indonesia memiliki hewan peliharaan, di antaranya kucing.

Saat makanan sisa di rumah sudah tidak ada yang mengonsumsinya lagi, user dapat mengubahnya dengan metode Ecopet Bites agar makanan ini disukai oleh hewan peliharaan.

"Kami risetnya benar-benar banyak banget, terus develop ide-ide prototypenya banyak, tapi banyak yang discrap dan ini yang menurut kami itu sempurna," kata Ritzy.

"Awalnya ada sedikit kepasifan di antara anggota kelompok. Setelah berusaha dan menemukan solusinya, akhirnya kami berhasil buat prototype yang benar. Temanku juga membantu menyiapkan barang untuk bikin prototypenya. Pokoknya mulai dari materil maupun ide-ide itu juga dari dukungan orang tua banyak banget," timpal Sean.

Komperisi 3rd Critical Thinking Championship (CTC) 2023 digelar pada 13 Agustus 2023 di Aula Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud Ristek RI, di Jakarta Selatan.

Kompetisi ini diikuti oleh 44 sekolah yang berasal dari 20 kota berbeda di Indonesia.

Para peserta itu kemudian diseleksi hingga tersisa 34 sekolah.

Critical Thinking Championship sudah digelar sejak tahun 2021.

Pada penyelenggaraan tahun terdapat kategori baru yaitu kategori berkelompok, di mana para peserta membuat project prototype untuk pilihan topik food waste, water pollution, atau stunting, dalam kelompok yang berisi 3-7 orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat