androidvodic.com

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 SD Halaman 136 Buku Tematik: Apa Saja Peran Ayah? - News

News - Berikut ini kunci jawaban Tema 2 Kelas 3 SD halaman 136 di Buku Tematik.

Pada buku Tema 2 Kelas 3 SD halaman 136 Buku Tematik Ayo Membaca membahas tentang semua anggota keluarga memiliki kewajiban dan hak.

Pada bagian tersebut, muncul pertanyaan tentang apa saja peran dari ayah?

Kunci jawaban Tema 2 Kelas 3 SD halaman 136 Buku Tematik dalam artikel ini, hanya sebagai referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa dapat terlebih dahulu mengerjakan soalnya sendiri.

Berikut ini soal Tema 2 Kelas 3 SD Buku Tematik tentang Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, dengan subtema 3 Menyayangi Tumbuhan.

Tema 2 Kelas 3 SD halaman 136 Buku Tematik

Tema 2 Kelas 3 SD halaman 136 Buku Tematik (0
Tema 2 Kelas 3 SD halaman 136 Buku Tematik

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 139 Pembelajaran 6 Subtema 3: Persatuan dan Kesatuan

Bacaan

Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga. Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman.

Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah. Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitudihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya. Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupa kan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

Soal

1. Apa sajakah peran dari ayah?

2. Selain peran yang telah disebutkan dalam teks, sebutkanlah peran ayah yang lain!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat