androidvodic.com

Kemendikbud Ristek Siapkan Anggaran Rp750 Miliar untuk Program Dana Padanan Kedaireka 2024 - News

News, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek RI melalui Kedaireka secara resmi membuka penerimaan proposal Program Dana Padanan (Matching Fund) Tahun 2024.

Kegiatan ini ditandai dengan soft launching yang dilakukan secara daring pada Senin (2/10/2023) oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek RI, Prof Nizam.

Dijelaskan Prof Nizam, alokasi pendanaan yang disiapkan oleh Ditjen Diktiristek untuk Dana Padanan Kedaireka 2024 mencapai total Rp750 miliar.

Dana tersebut diharapkan dapat diserap secara optimal untuk menghasilkan karya-karya yang lebih gemilang dan sinergi inovasi pentahelix (semangat Kampus Merdeka) betul-betul berdampak pada kemajuan bangsa dan negara.

“Tema proposal yang diajukan masih difokuskan pada lima prioritas riset/rekacipta untuk mendukung transformasi ekonomi Indonesia, yakni Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Ekonomi Digital, Penguatan Pariwisata, dan Kemandirian Kesejahteraan," kata Nizam.

Baca juga: Syarat CPNS Kemendikbud 2023 Formasi Dosen Sesuai 4 Kategori Pelamar

"Harapannya dengan tema-tema tersebut, program Dana Padanan Kedaireka ini semakin menghilir dan masalah yang dialami industri segera menghulu ke agenda riset di perguruan tinggi," ujar Nizam.

Untuk tahapan pengajuan proposal insan perguruan tinggi bersama mitra DUDI dapat mengajukan proposal Dana Padanan Kedaireka melalui website www.kedaireka.id selama periode 1–31 Oktober 2023.

Selanjutnya tahap desk evaluasi proposal pada 1-10 November 2023 dan pengumuman hasil desk evaluasi proposal pada 13-15 November 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi proposal pada 20-30 November 2023 dan pengumuman hasil presentasi proposal pada 2 Desember 2023.

Tahap berikutnya verifikasi dan evaluasi kelayakan anggaran pada 4-15 Desember 2023 dan penetapan penerima pendanaan pada 20 Desember 2023.

Program Dana Padanan 2024 diluncurkan pada awal Oktober ini agar proposal dapat segera dirancang, diajukan dan dievaluasi pada tahun ini juga.

Sehingga pelaksanaan program pada 2024 dapat berjalan lebih optimal dan mempunyai waktu yang cukup untuk diimplementasikan.

Baca juga: HNW Minta Pemerintah Samakan Anggaran Sekolah di Bawah Kemenag dengan Kemendikbud

Melalui program ini, dosen-dosen di tanah air diberi kesempatan berkolaborasi untuk menghasilkan karya reka cipta yang solutif dan inovatif di tengah kebutuhan dan tantangan masyarakat.

“Kami berharap program Dana Padanan Kedaireka 2024 memberikan solusi bagi DUDI dan masyarakat serta berdampak terhadap kemajuan ekonomi, sosial, budaya dan teknologi di masyarakat maupun DUDI," kata Nizam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat