androidvodic.com

FIK UI Jadi Kampus Keperawatan Terbaik di Indonesia, Berikut Indikatornya - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menduduki peringkat terbaik di tanah air dalam pemeringkatan dunia pada bidang ilmu keperawatan versi Edurank 2023.

Peringkat kampus terbaik versi EduRank 2023, dikutip Kamis (19/10/2023), FIK UI menduduki peringkat 1 di Indonesia, peringkat 36 di Asia serta peringkat 379 di dunia.

Menyusul kampus ternama lainnya, seperti UGM di urutan kedua, UNAIR di urutan ketiga, UNPAD di urutan ke empat serta UNDIP di urutan kelima.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah The 6th ASEAN+3 Rector’s Conference, UNAIR Tekankan Pentingnya Kolaborasi

"Pemeringkatan EduRank.org didasarkan pada reputasi, kinerja penelitian, serta dampak oleh alumni dengan rincian data penelitian di bidang Keperawatan sebanyak 1,3 juta kutipan yang diterima oleh 805 ribu makalah akademis yang dibuat oleh 60 universitas di Indonesia," tulis laporan tersebut.

Digunakan untuk menghitung rating publikasi, yang kemudian disesuaikan dengan tanggal rilis dan ditambahkan ke skor akhir.

EduRank, sebagai lembaga peringkat pendidikan terkemuka, telah mempertimbangkan sejumlah faktor yang ketat, termasuk keunggulan akademis, kualitas pengajar, penelitian yang relevan, fasilitas mahasiswa, dan dampak positif terhadap komunitas keperawatan dalam menentukan peringkat ini.

Dekan FIK UI Agus Setiawan menyampaikan, selain menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia veris EduRank, saat ini seluruh program studi di FIK UI meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAPM-PTKes).

"Serta untuk Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners juga telah terakreditasi internasional dari Accreditation Agency in Health and Social Sciences (AHPGS) dan Asean University Network (AUN QA)," terangnya dikonfirmasi wartawan, Senin (23/10/2023).

Hal tersebut, ucap Agus, merupakan wujud kerja keras, semangat inovasi, dan dedikasi staf pengajar, mahasiswa, dan seluruh sivitas akademika FIK UI.

"Kami bersyukur dan tentu ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memajukan pendidikan keperawatan di tanah air" ucapnya.

Baca juga: Pendaftaran Jalur Mandiri Unair 2023 Non Tes Tulis Gelombang 3 Ditutup Hari Ini, Ini Cara Daftarnya

Agus berujar, FIK UI berkomitmen memajukan pendidikan dan penelitian dalam ilmu keperawatan, menciptakan peluang bagi mahasiswa untuk meraih kesuksesan dan berdaya saing di dunia profesional dan berkontribusi pada peningkatan perawatan kesehatan di Indonesia.

"Ini adalah kebanggaan besar bagi kami atas pengakuan internasional ini dan akan menjadi inspirasi bagi kemajuan dan inovasi berkelanjutan di bidang keperawatan," kata Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat