androidvodic.com

Contoh Bahan Pangan Produk Hasil Bioteknologi dalam Kehidupan Sehari-hari - News

News - Bioteknologi dapat didefinisikan sebagai penggunaan organisme atau bagian dari organisme untuk membuat suatu produk atau jasa, sehingga dapat mensejahterakan manusia.

Bioteknologi pangan adalah bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme.

Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat.

Sebutkan lima contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari!

Pertanyaan tersebut muncul pada Buku Siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Semester 2 halaman 93 bagian Uji Kompetensi Esai.

Tepatnya pada Bab 7 yang berjudul Bioteknologi.

Bahan pangan hasil bioteknologi yang sering ditemukan adalah tempe, tapai, yoghurt, keju, nata de coco, dan kecap.

Baca juga: Bagaimana Proses Kloning Dilakukan oleh Para Ilmuwan?

Pada pembuatan tapai terlibat kerja sama mikroorganisme yaitu Saccharomyces cerevisiae, jamur Aspergillus sp., dan bakteri Acetobacter aceti.

Rasa masam pada tapai disebabkan adanya kandungan asam cuka (asam asetat).

Yoghurt merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi susu dengan bantuan bakteri Lactobacillus casei, Streptococcus thermophillus, Lactobacillus bulgaricus, dan Bifidobacteria.

Yoghurt kaya akan protein, kalsium, vitamin A, B, C, E, dan vitamin K.

Mengonsumsi yoghurt secara teratur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya dapat meremajakan kulit, membantu proses pencernaan, menjaga jantung tetap sehat, mencegah hipertensi, mengurangi risiko osteoporosis, mengatasi jerawat, dan mengurangi kolesterol.

Keju merupakan makanan yang dihasilkan dari proses koagulasi atau pengentalan protein kasein susu dengan bantuan rennet dan bakteri asam laktat seperti Lactococcus sp., Lactobacillus bulgaricus, dan Streptococcus thermophillus.

Proses pembuatan tempe juga melibatkan proses fermentasi yang dilakukan oleh jamur Rhizopus oryzae dan Rhizopus oligosporus.

Kecap merupakan salah satu produk hasil bioteknologi yang terbuat dari kacang kedelai.

Secara tradisional proses pembuatan kecap melibatkan proses hidrolisis dan fermentasi dengan menggunakan jamur Aspergillus oryzae, Aspergillus sojae, dan Aspergillus wentii.

Di Jepang, proses fermentasi dalam pembuatan kecap juga melibatkan Saccharomyces cerevisiae dan spesies Lactobacillus untuk menghasilkan aroma khas.

(News, Widya)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat