androidvodic.com

Peringati Hari Guru, FKIP Universitas Terbuka Gelar Seminar ICTL dan Temu Ilmiah Nasional Guru - News

News - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) menyelenggarakan kegiatan The 1st International Conference on Teaching and Learning (ICTL I) dan Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) XV, Sabtu (18/11/2023).

Digelar secara daring, kegiatan pertemuan ilmiah sekaligus agenda tahunan ini merupakan bagian dari serangkaian Dies Natalis ke-39 UT juga dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023.

Mengangkat tema Digital Transformation: Future Challenges and Opportunities in Teaching and Learning, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc selaku Dekan FKIP-UT mengungkapkan bahwa tema tersebut mencerminkan perubahan yang tidak dapat dihindari dalam dunia pendidikan, termasuk dalam konteks pendidikan Indonesia.

"Transformasi digital dalam pendidikan telah membawa kita pada titik dimana kita tidak hanya mempertanyakan apakah teknologi harus diintegrasikan dalam pendidikan tetapi juga bagaimana melakukannya secara efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran," jelasnya saat memberikan sambutan.

Terlebih, kehadiran transformasi digital juga menjadi tantangan serius sekaligus peluang besar untuk dapat meningkatkan dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

Baca juga: Hadapi Tranformasi Digital di Dunia Pendidikan, Universitas Terbuka Gelar ICTL ke-1 dan TING XV

Untuk itu, ICTL I dan TING XV diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peneliti, pendidik, dan praktisi untuk dapat saling berbagi pengalaman serta perspektif terkait dengan pengajaran dan pembelajaran.

Dalam kegiatan ini, FKIP UT menghadirkan Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek sebagai keynote speaker, serta para panelis yang berasal dari beberapa negara, yaitu:

  1. Prof. David Kaufman - Simon Fraser University, Canada
  2. Dr. Randeep Sudan - Career Digital Platform Specialist, ADB, Singapore
  3. Dr. Wesley Teter - Senior Consultant for Educational Innovation and Skill Development, UNESCO, Bangkok
  4. Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. - Universitas Terbuka, pakar Pendidikan Jarak Jauh

Sebagai informasi, kegiatan ICTL perdana ini diikuti oleh 134 presenter yang berasal dari dari New Zealand, Pakistan, China, Malaysia, Thailand, Vietnam, and Indonesia dan sekitar 200 peserta konferensi dari berbagai penjuru tanah air dan mancanegara.

Sementara itu, kegiatan TING XV diikuti oleh 141 presenter yang berasal dari guru, dosen, dan mahasiswa dari seluruh Indonesia serta sekitar 1000 peserta seminar dari berbagai penjuru tanah air dan mancanegara. 

Bagi paper terpilih nantinya akan berkesempatan untuk diterbitkan pada jurnal nasional dan internasional FKIP serta Prosiding TING XV dan/atau Prosiding ICTL I. 

Baca juga: Semangat Belajar Membara, Profesor dan Doktor Lulus dari UT sebagai Wisudawan Kehormatan

Pengumuman LIPKMN 2023 dan peluncuran buku

Pada seminar ini, juga turut diumumkan pemenang Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa Nasional (LIPKMN) 2023, yang terdiri dari 15 kategori kompetisi kreatif yang berkaitan dengan pendidikan. 

Selain itu, juga diselenggarakan peluncuran buku ditulis oleh para dosen FKIP dengan melibatkan mahasiswa dan alumni sebagai narasumber. 

Terdapat dua judul yang diluncurkan, yaitu (1) Nyala Daya Juang Guru Bangsa: Kisah Inspiratif Perjuangan Mahasiswa FKIP dan (2) Experiential Learning in Action: Inovasi Pembelajaran Guru oleh mahasiswa FKIP UT.

Tak hanya itu, penampilan angklung dari tim Angklung "MANISE" Universitas Terbuka yang menampilkan dua buah lagu berjudul Hymne Guru dan It’s My Life juga turut memeriahkan kegiatan. Acara pun ditutup pada pukul 17.00 setelah semua presenter menyajikan makalahnya sesuai dengan kelompok paralel masing-masing.

Baca juga: Inspiratif! Intip Kisah Lulusan UT Sukses Raih Beasiswa LPDP dan Kuliah di Luar Negeri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat