androidvodic.com

Jadi Sosok Inspiratif, Wali Kota Madiun dan Tina Toon Jadi Wisudawan Kehormatan Universitas Terbuka - News

News - Universitas Terbuka (UT) menggelar wisuda bagi 2.100 lulusan dari berbagai jenjang mulai dari program diploma, sarjana, magister, dan doktoral, serta program PPG di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Selasa (28/11/2023).

Pada Wisuda Universitas Terbuka (UT) Pusat Periode I Wilayah 2 Tahun Akademik (TA) 2023/2024 ini, UT juga turut menganugerahkan gelar Wisudawan Kehormatan yang diserahkan langsung oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. kepada dua wisudawan, yaitu:

  1. Maidi (Wali Kota Madiun) yang menjadi Doktor pertama UT dari Program Studi S3 Administrasi Publik.
  2. Agustina Hermanto, yang akrab disapa Tina Toon (Anggota DPRD DKI dan publik figur tanah air).

Prof. Ojat mengungkapkan, sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan di UT sangatlah fleksibel sehingga menjadi solusi yang tepat untuk menempuh pendidikan, khususnya bagi yang mempunyai keterbatasan waktu dan jarak seperti Wali Kota Maidi dan Tina Toon.

“Bisa kuliah kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja, dan dalam keadaan bagaimana saja. Sangat luar biasa dan fleksibel, itulah sesungguhnya hakikat dari Merdeka Belajar,” ujar Prof. Ojat.

Meskipun menerapkan metode pembelajaran jarak jauh yang berbasis online learning (pembelajaran/kuliah online) melalui jaringan, Prof. Ojat menjelaskan bahwa mutu dan kualitas dari UT tetap sangat terjaga.

Ia meyakini bahwa perguruan tinggi akan dilihat oleh masyarakat ketika bisa menjaga kewibawaan akademik yang juga menjadi jati diri dari UT sebagai institusi pendidikan di Indonesia.

Senada terkait hakikat dari Merdeka Belajar, sebagai penerima gelar Wisudawan Kehormatan, Tina Toon mengakui bahwa metode belajar di UT membantunya untuk bisa belajar dari kapan saja dan dimana saja, terlebih mengingat kesibukannya sebagai pejabat publik di DPRD DKI Jakarta.

“UT menjadi harapan saya saat ingin mengambil S1 Hukum di tengah kesibukan saya, termasuk ketika memasuki dunia politik. Apalagi setahu saya, dulu online university hanya ada di luar negeri, tapi ternyata di Indonesia ada yaitu Universitas Terbuka,” ungkap Tina Toon.

“Belajar di UT bisa menjaga kedisiplinan dalam belajar sehingga meningkatkan gairah untuk bekerja dan sinkron dengan kesibukan saya di DPRD DKI juga, jadi learning by doing,” tambahnya.

Sementara itu, bagi Wali Kota Madiun Maidi, kuliah di UT menjadi keputusannya untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Menurutnya, ilmu pengetahuan selalu dibutuhkan bagi pejabat publik untuk bisa bertanggung jawab dan mampu mengambil kebijakan tepat untuk masyarakat demi mendukung perubahan serta kemajuan.

Dengan berkuliah di UT, Maidi mengakui para ilmuwan dan Guru Besar UT selalu mendampinginya untuk berdiskusi dalam menimba ilmu pengetahuan sehingga dapat membantunya membawa kemajuan bagi Kota Madiun.

“Kemajuan dan perubahan diubah oleh ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan pasti ada di kampus. UT itu ada toleransi waktu, ada toleransi finansial, tapi kualitas tidak ada toleransi. Jadi, bagi saya ini sangat penting dan luar biasa,” ungkap Maidi.

UT luluskan wisudawan unggul yang berkualitas

Mengangkat tema “Bergerak Melayani Bangsa Bersama UT PTNBH”, wisuda kali ini seiring dengan keberhasilan UT meraih PTNBH serta memperteguh komitmen UT sebagai pelopor perguruan tinggi jarak jauh (PTJJ) yang mempunyai peran strategis dalam peningkatan akses pendidikan tinggi di Indonesia.

Tak hanya itu, pada momen wisuda UT Pusat Periode I Wilayah 2 kali ini juga terdapat lulusan pertama program doktoral dan lulusan pertama program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Terkait PPG, mulai tahun ini UT diberi mandat untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) dan Pra Jabatan (Prajab). Saat ini lulusan PPG Daljab berjumlah 83 orang dan yang hadir pada Wisuda Periode I Wilayah 2 kali ini adalah sejumlah 32 lulusan. 

Selain itu, pada kesempatan wisuda ini juga turut diberikan penghargaan kepada wisudawan lulusan terbaik dengan predikat kelulusan Dengan Pujian kepada Rifqi Pratama (Program Diploma D-III, NIM 041794876),  dari UT Tarakan dengan Prodi D-III Perpajakan dengan IPK 3,90. 

Secara khusus, janji wisudawan dibacakan oleh Bijaksabara Hikmawan, mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FHISIP) dari UT Jakarta yang terkenal sebagai talent digital marketing di unit Direktorat Pemasaran  dan Kerja Sama dan UT Jakarta. 

Selain itu, Bijaksabara juga merupakan mahasiswa UT pertama yang berhasil menerima Awardee di Korea University pada Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat